Forkopimda Basel Reklamasi Lahan Eks Tambang Keposang

  • Whatsapp
Foto ilustrasi

TOBOALI – PT Timah Tbk bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bangka Selatan melakukan reklamasi di lahan eks tambang Desa Keposang seluas 12,6 hektar, Jumat (25/1/2020). Reklamasi ini ditanami dengan 1966 batang tanama jenis alpukat, mangga, nangka, serta jambu mete. Selain menanam pohon, GM PT Timah Ahmad Syamhadi bersama Kapolda Babel Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat dan Forkopimda Basel melepas burung perkutut di lokasi reklamasi.

GM PT Timah Tbk Ahmad Syamhadi mengatakan reklamasi merupakan salah satu kewajiban dalam kegiatan Good Mining Practice yang dilakukan PT Timah. Menurutnya tahun 2020 PT Timah akan melakukan reklamasi sebanyak 400 hektar lahan eks tambang di Bangka Belitung. Ahmad mengatakan program reklamasi PT Timah biasanya mendapatkan penghargaan piaga proper warna biru. Namun tahun 2019 lalu PT Timah berhasil mendapatkan piagam proper warna hijau. Artinya program reklamasi PT Timah semakin baik.

Read More

Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak mensukseskan program reklamasi PT Timah dan Forkompimda Basel. “Kita berharap reklamasi PT Timah akan terus semakin baik dan berhasil meraih piagam berwarna emas, terima kasih semua pihak atas dukungan reklamasi ini” ujarnya. Sementara itu, Bupati Basel Justiar Noer mengajak kegiatan reklamasi ini terus dan berkelanjutan. Di sisi lain, Justiar mengingatkan agar PT Timah juga melakukan pengawasan atas kegiatan reklamasi yang telah dilakukan.

“Jangan sampai lahan yang telah direklamasi tetapi digali lagi untuk tambang, jadi perlu pengawasan bersama, penghargaan setinggi tinggi untuk Pak Kapolda Babel atas motivasi dan semngatnya, serta Pak Kapolres Basel yang telah menggagas kegiatan ini, saat ini Basel sudah mengurangi sampah plastik bersama Ibu Ekawati yang merupakan aktivis lingkungan hingg tingkat nasional, Basel sudah 2 kali mendapatkan Adipura, mari kita jaga bersama lahan yang sudah direklamasi, libatkan masyarakat bekerja sama dengan Bumdes untuk setiap kegiatan reklamasi yang dilakukan” kata Justiar.

Sementara itu, Kapolda Babel Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat berharap reklamasi ini menjadi komitmen bersama untuk terus menjaga serta melestarikan lingkungan untuk anak cucu kita. Senada dikatakan Bupati Basel, Kapolda mengajak semua elemen serta masyarakat untuk saling menjaga lingkungan yang telah direklamasi. Ia juga mengingatkan jika ada oknum yang merusak lahan reklamasi maka pihaknya akan menindak tegas.

“Mari kita jaga dan lestarikan lingkungan untuk anak cucu kita nanti, jadikan reklamasi ini sebagai komitmen, nantinya tidak perlu acara seremonial untuk reklamasi, bisa sendiri menanam dengan penuh kesadaran dan setelah ini kita jaga bersama lahan yang sudah direklamasi agar hasilnya dapat dinikmati anak cucu” pungkasnya. (raw/6)

Related posts