FLS2N Tingkat Provinsi Dibuka, Wagub Ingin Tingkatkan Kreativitas Seni Siswa

  • Whatsapp

PANGKALPINANG- Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah, berharap melalui Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Babel tahun 2018, melahirkan generasi penerus yang memiliki kreativitas seni dan budaya.

Hal ini dikatakan Fatah, ketika membuka FLS2N tingkat provinsi, Kamis malam (19/7/2018). Lomba yang diikuti siswa SD, SMP dan SMK ini terdiri dari sembilan kategori perlombaan.

Menurut dia, seni mengolah pikiran dan hati, perpaduan hati dan otak, diyakininya mampu mengasah kepekaan hati dan nurani serta memperhalus budi pekerti dan tingkah laku.

“Karena itu saya yakin perwakilan siswa di berbagai jenjang sudah mendapat bimbingan dan asuhan untuk mengikuti perlombaan ini,” katanya.

Perlombaan ini juga, sambungnya, untuk mewadahi ekspresi dan kreativitas peserta didik di bidang seni dan membangkitkan talenta karya sekaligus menjadi kebanggaan bagi dunia pendidikan khususnya di Babel.

Dinas pendidikan, sambung Fatah telah melaksanakan berbagai upaya melalui berbagai macam kegiatan kesiswaan, diantaranya peningkatan mutu kualitas sekolah, serta menjaga nilai tradisi budaya bangsa dengan kegiatan perlombaan seni.

Dia berharap, pemenang dari FLS2N tingkat provinsi ini mampu bersaing dengan provinsi lainnya dalam gelaran tingkat nasional, dimana Babel akan menjadi tuan rumah untuk jenjang SD dan SMP, sementara tingkat SMK akan dilaksanakan di Aceh.

“Nanti ada 2.000 tamu akan datang FLS2N kita dapat membangun secara tidak langsung pertumbuhan ekonomi kerakyatan, karena dengan tamu ini sekaligus memperlihatkan promosi UMKM di tataran nasional yang diwakili siswa,” tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Babel, M. Soleh menyebutkan, FLS2N tingkat provinsi ini diikuti 816 peserta, yang terdiri peserta SD sebanyak 77 orang, SMP 133 orang dan SMK 606 orang. Peserta akan mengikuti sembilan kategori lomba, yang diselenggarakan sejak 19 hingga 22 Juli 2018.

“Melalui kegiatan ini diharapkan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni, tertanam apresiasi seni dalam diri siswa. Selain itu, nantinya akan terpilih siswa SD, SMP dan SMK terbaik tingkat provinsi untuk mengikuti kegiatan tingkat nasional,” kata Soleh.

Ia merinci, perlombaan yang digelar dalam FLS2N ini diantaranya adalah menyanyi tunggal dan tari tradisional yang diikuti dari jenjang SD, SMP dan SMK, kemudian kategori musik tradisional dan gitar solo atau klasik yang diikuti jenjang SMP dan SMK, kategori pantomim, gambar bercerita dan desain poster khusus untuk siswa SD dan kategori film pendek dan teater yang diikuti jenjang SMK.(nov/10)

Related posts