by

Festival Telok Herujo Meriahkan Hari Jadi Basel ke-15

AIRGEGAS – Hari Jadi Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-15 di Kecamatan Airgegas dimeriahkan dengan Festival Telok Herujo yang diarak di Jalan Desa Airgegas menuju Kantor Camat Airgegas (13/3/2018).

Festival Telok Herujo merupakan wujud pelestarian budaya adat istiadat yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan guna menunjang pariwisata di Bangka Selatan. Teluk Herujo di Kecamatan Air Gegas biasanya dirangkaikan dalam suatu kegiatan seperti pesta pernikahan dan khataman Al- Qur’an.

Bupati Basel, Justiar Noer yang hadir dalam acara tersebut turut menerima persembahan dari salah satu peserta Festival Telok Herujo. Festival ini diikuti sebanyak 75 siswa-siswi dari tingkat TK, SD, SMP, SLTA dan umum se Kecamatan Airgegas.

Bupati Basel dalam sambutannya mengungkapkan, Kecamatan Airgegas memiliki banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan untuk menopang perekonomian masyarakat. “Kecamatan Airgegas memiliki banyak potensi wisata, seperti Aik Tawas Desa Airbara, potensi Bukit Gebang di Desa Nangka dan wisata Air Panas Desa Nyelanding, bertahap akan kita kembangkan,” sebut Justiar.

Ia juga mengungkapkan rencana Pemkab Basel untuk pengembangan 1 kecamatan 1 taman tematik yang terintegrasi dan program pembangunan Basel merata berbasis PIWK dan rencana membangun Lada Technopark di Airgegas.

Sementara itu, Plt Camat Airgegas, Suprayitno, mengatakan capaian kinerja di Kecamatan Airgegas sepanjang tahun 2017 cukup membanggakan. Diantaranya sebagai juara 1 KB Kes tingkat provinsi Babel dan juara umum lomba lagu daerah tingkat Kabupaten Basel.

“Kami sanggat bangga sekali. Kami satu-satunya kecamatan yang ada di Bangka Selatan yang memiliki sentra pembibitan lada. Dan dijadikan sebagai pengembangan lada technopark, ” ungkapnya.

Suasana peringatan Hut ke-15 Basel di Kec. Airgegas semakin meriah saat para pelajar SD melukis pada media telor ayam disaksikan langsung oleh Bupati, Wakil Bupati, Kapolres Basel, Ketua TP PKK Basel dan jajaran pejabat Pemkab. Basel. (mrhnhms/rls/3)

Comment

BERITA TERBARU