Festival SAIK 2019 Ajang Pertunjukan Rakyat Kenalkan Budaya Indonesia

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional Tahun 2019 yang merupakan rangkaian Kegiatan SAIK Tahun 2019 di Alun – alun Taman Merdeka Pangkalpinang, 23-25 Oktober 2019, menjadi ajang memperkenalkan aneka budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.

Pembukaan festival yang ditandai dengan pukul beduk, dibuka oleh Wagub Babel Abdul Fatah, didampingi Dirjen IKP Kemenkominfo Widodo Muktiyo, Rabu (23/10/2019) malam.

” Pertunjukan rakyat ini adalah satu wujud budaya yang sifatnya tak benda. Terima kasih untuk Kemenkominfo yang sudah memilih Provinsi Babel menjadi tuan rumah,” ujar Abdul Fatah.

Ia mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya, karena budaya itu adalah kearifan lokal yang mampu memberikan inspirasi.

Sementara itu, Dirjen IKP Kemenkominfo, Widodo Muktiyo menyampaikan syukur dan terima kasih kepada Wagub dan jajaran Pemprov Bangka Belitung, karena bisa diberikan kesempatan untuk bersilaturahmi di Bangka Belitung, dan memfasilitasi pelaksaan SAIK ini.

“Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan, kita harus kedepankan adat dan budaya kita yang ragam, baik suku dan juga bahasa. Kita boleh modern, tapi kita tetap melestarikan dan terus menjadikan budaya asli itu tetap ada,” sebut Widodo.

Ia juga memberikan apresiasi untuk sinergi membangun Indonesia seperti ketahanan komunikasi dan social.

Pertunjukan rakyat ini, berlangsung selama 2 hari, yang akan menampilkan 11 Provinsi dengan tema “Sinergi aksi informasi dan komunikasi public” dimana malam pembukaan ini ada 6 Provinsi yang tampil.

Festival ini, menjadi tontonan dan hiburan bagi masyarakat Babel, dan juga peserta SAIK yang datang dari berbagai provinsi, mulai dari pulau Sumatera, Kalimantan, pulau Jawa hingga Papua.(nov/7)

Related posts