Ferdi: Pemkot Pangkalpinang Harus Siapkan Lahan Baru TPA

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ferdiyansyah mengusulkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang agar dapat menyiapkan lahan yang baru untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA), pasalnya TPA yang ada saat ini khususnya di lokasi Parit Enam sudah melebihi kapasitas.

“Kita harus menyiapkan tempat (TPA-red) yang baru dan layak (tidak berada di sekitar lokasi pemukiman penduduk-red),” kata Anggota Dewan Dapil Pangkalpinang ini kepada sejumlah wartawan di Gedung DPRD Babel, Kamis (30/1/2020).

Sambungnya, Pemkot Pangkalpinang juga harus memiliki inovasi atau terobosan untuk menjadikan sampah ini menjadi sesuatu yang bernilai dan bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah itu sendiri.

Baca Lainnya

“Waktu kita studi banding ke Jawa Timur, Kota Surabaya, itu ada hal baik yang bisa kita tiru, mereka punya tempat yang namanya TPS 3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle-red),” ungkapnya.

Melalui program TPS 3R ini dijelaskan dia, sampah-sampah tersebut dikumpulkan, kemudian dipisahkan antara sampah organik dan non organik. “Sampah organik itu dapat dijadikan pupuk kompos dan itu bisa dijual,” ujarnya.

Untuk sampah non-organik, lanjut dia, akan dipilah lagi baik itu berupa plastik maupun kaleng atau yang tidak bisa didaur ulang. “Nah yang tidak bisa didaur ulang itu baru dibuang di TPA,” tambahnya.

“Sementara sampah plastik itu masih dapat dimanfaatkan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), jadi sampah itu sendiri masih bisa dimanfaatkan,” tandasnya. (ron/7)

Related posts