Erzaldi Resmikan Puskesmas Perlang dan Peletakan Batu Pertama Pabrik Es

  • Whatsapp


KOBA – Peresmian Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Perlang oleh Bupati Bateng, Erzaldi Rosman telah dilaksanakan. Selain itu, dilakukan juga peletakan batu pertama pembangunan pabrik es di Desa Penyak Kecamatan Koba, keduanya digelar pada Selasa pekan kemarin ditempat terpisah.

Dalam sambutannya, Erzaldi Rosman menyampaikan dibangunnya Puskesmas Perlang bisa melayani kesehatan masyarakat di daerah Desa Perlang dan sekitarnya. Namun dirinya selalu berharap, kehadiran Puskesmas bukan untuk mengobati penyakit, tetapi untuk mencegah kesehatan masyarakat supaya tetap sehat.

“Saya lebih mengajak masyarakat untuk mencegah daripada sakit baru nek berobat. Selama ini yang terjadi macem tuh, asak lah sakit baru nek berobat, sebaiknya cegah sakit sejak dini, jadi dak perlu ke Puskesmas gik,” ujar Erzaldi usai peresmian Puskesmas Perlang.

Ia menambahkan, atas pembangunan pabrik es di Desa Penyak Kecamatan Koba bisa menjawab kebutuhan batu es untuk para nelayan di Kurau dan Penyak maupun nelayan sekitar terpenuhi untuk tahap pertama yang berkapasitas 30 ton.

“Kita harapkan atas pembangunan pabrik es ini bisa memenuhi kebutuhan es untuk nelayan. Kemudian bisa menyerap lapangan kerja asal lokal,” tukasnya.

Selain peresmian Puskesmas Perlang dan peletakan batu pertama pembangunan pabrik ES di Penyak, Erzaldi juga menghadiri serangkaian acara yang lain yakni penyerahan honor dan asuransi Linmas sebanyak 450 orang di Gedung Serbaguna Pemkab Bateng, pelayanan terpadu dan pembuatan akta oleh Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan, pelayanan pemasangan gratis IUD, alat kontrasepsi oleh KB, dan pelayanan perpustakaan.

Selanjutnya, penyerahan sertifikat halal dan PIRT kepada UMKM produk cemilan, pertemuan bupati dengan masyarakat Trans Kurau penerima sertifikat tanah. Kemudian dilanjutkan penebaran benih karet pada bedengan semai di Batu Puteh Desa Namang dan peletakan batu pertama pembangunan jembatan di Desa Kedimpel Kecamatan Pangkalan Baru. (ran/10)

Related posts