by

Erzaldi Persilahkan Non-Muslim Vaksin MR

-NEWS-227 views

Gubernur Tidak Mau Dikomplain

Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menegaskan, hingga saat ini Provinsi Babel masih menunda pelaksanaan vaksinasi Measles Rubella (MR) kepada anak-anak. Namun, ia memperbolehkan jika ada masyarakat nonmuslim yang ingin mendapatkan vaksin ini.

Ia menyebutkan, ketika vaksin ini dipermasalahkan karena belum ada sertifikasi halal, maka dirinya juga tidak bisa menerima dan menolak, sama dengan masyarakat lainnya.

“Makanya saya minta wagub untuk hentikan sementara sampai jelas, jangankan masyarakat komplain, saya juga komplain, ternyata belum ada kepastian halal tidaknya,” kata gubernur, Selasa (7/8/2018).

Ia menambahkan, saat ini sudah dilakukan komunikasi antara Kementerian Kesehatan dengan MUI dan proses sertifikasi akan dilaksanakan. “Sekarang lagi ingin mempercepat pemeriksaan itu,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk masyarakat nonmuslim yang membutuhkan vaksin ini, gubernur mempersilakan jika memang ingin mendapatkan vaksin ini. “Kita tak boleh mengabaikan masyarakat nonmuslim, silahkan kalau mau mendapatkan vaksin ini, kita hanya menunda untuk yang muslim,” tegasnya.

Vaksin ini, kata dia, sebagai bentuk ikhtiar untuk hidup yang sehat, yang salah satunya didapat melalui vaksin atau imunitas. “Ini ikhtiar kita untuk hidup sehat salah satunya vaksin ini, yang namanya ikhtiar kepengen berjalan baik dan menghasilkan, kalau mau bebas campak dan rubella ya suntik MR ini yang katanya 98 persen keberhasilan untuk pencegahan campak dan campak Jerman ini,” pungkasnya. (nov/6)

Comment

BERITA TERBARU