Erzaldi : Orangtua Jangan Selalu Turuti Keinginan Anak

  • Whatsapp
Gubernur bersama Munir De Aliando dan siswi SMK 1 Pangkalpinang, Senin (15/7/2019). (foto: istimewa)

Beri Wejangan untuk Wali Murid

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman meninjau hari pertama masuk sekolah di sejumlah SMA dan SMK di Pangkalpinang, Senin (15/7/2019). Pada hari pertama masuk sekolah ini orangtua wajib mendampingi anaknya.

Kesempatan ini, digunakan Erzaldi untuk memberikan arahan dan masukan kepada wali murid untuk berperan dalam dunia pendidikan dan sekaligus melihat kondisi sekolah yang dikunjungi.

“Saya melihat ke beberapa sekolah, tadi ke SMK 5, SMK 4, SMK 1 dan SMA 2 Pangkalpinang. Kita memang memberi perhatian lebih untuk SMK,” kata Erzaldi, saat kunjungan di SMK Negeri 1 Pangkalpinang, Senin (15/7/2019).

Dia menegaskan, dengan hadirnya orangtua pada hari pertama anak masuk sekolah dapat memberikan motivasi dan hal positif bagi anak dan sekaligus mendekatkan orangtua dengan sekolah.

“Kami minta, mulai dari sekarang antar anak, agar tau siapa gurunya, siapa kawannya, bagaimana lingkungan sekolahnya dan nanti saya minta setiap kelas harus punya grup di WhatsApp per kelas yang dipimpin wali kelas, jangan tidak diikuti, karena perkara sekolah dak bisa hanya kepada sekolah dan guru saja,” jelasnya.

Dengan keterlibatan orangtua, sebutnya, akan mengetahui tumbuh kembang anak-anak dan harus berkomunikasi langsung dengan guru serta temannya.

“Anak-anak jangan dibiarkan, kalau salah masuk di lingkungan maka anak akan menjadi anak yang salah, tapi kalau baik dan benar akan jadi baik dan benar, cuma kadang kita anggap enteng hal seperti ini,” ingatnya.

Dia juga meminta, agar orangtua tidak terlalu memanjakan anak dengan menuruti semua keinginan anak maupun memberikan uang jajan yang besar kepada anak, karena hal ini justru akan menjerumuskan anak.

“Kasih sayang bukan beri duit, selesai, kadang anak ndak butuh duit, mereka perlu kasih sayang, peluk dan cium anak setiap hari sebelum berangkat ke sekolah, jika dimanjakan dengan kasih sayang yang salah, itu kadang menjerumus anak,” pesannya.

Orang nomor satu di Provinsi Babel ini juga berpesan, agar orangtua membawakan anaknya bekal untuk dimakan di sekolah, jangan lantas di zaman serba canggih, sedikit-sedikit makan pesen via online dan lainnya.

“Kalau ia bawa bekal, ini akan ada rasa kebersamaan, kalau temannya enggak ada lauk, ini mengajarkan mereka berbagi,” imbuh Erzaldi.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat memberikan arahan kepada orangtua siswa di SMK 5 Pangkalpinang, Senin (15/7/2019).(foto: Nurul Kurniasih)

Dia berharap, orangtua menjadi lebih memperhatikan anak, jangan menyerahkan 100 persen pendidikan kepada guru dan anak, karena menurutnya tak mungkin berhasil tanpa peran serta orangtua.

Kepala Dinas Pendidikan Babel, M. Soleh menambahkan kebijakan menteri pendidikan anak harus didampingi oleh orangtua di hari pertama sekolah. Selain sebagai pengenalan orangtua, siswa dengan lingkungan sekolah, juga sekaligus mengajak orangtua menjadi bagian dari pendidikan karakter anak.

“Orangtua juga jadi kenal dengan guru di sekolah dan diharapkan orangtua ini dapat mengawasi anaknya, memantau kegiatan belajar anak dan lainnya,” tambah Soleh.

Pada kunjungannya, gubernur juga mengajak komedian asal Babel, Munir De Aliando. Mengenakan pakaian SD, Munir menghibur pelajar dan orangtua siswa.Dengan gaya kocaknya, ia berhasil membuat suasana hari pertama sekolah menjadi lebih ceria. (nov/10)

Related posts