Erzaldi: Mobil Dinas Boleh Dibawa Mudik

No comment 311 views

Asal Jangan Keluar Babel

PANGKALPINANG- Edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) yang melarang penggunaan kendaraan dinas digunakan untuk mudik, ternyata tidak berlaku bagi pegawai Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Melalui Gubernur Erzaldi Rosman, membolehkan kendaraan dinas dibawa mudik, asalkan, tidak mudik keluar provinsi Babel.”Boleh, asal jangan bawa keluar pulau,” kata Erzaldi kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Erzaldi memahami, banyak pegawai yang memiliki keluarga di desa maupun kota lain di wilayah provinsi lain, dan pastinya untuk menjangkau wilayah ini, pegawai membutuhkan kendaraan. “Kalau dibawa ke Palembang, itu yang gak boleh, tapi kalah sebatas masih di Babel, ya boleh lah,” tandasnya.

Sementara itu untuk cuti pegawai, ia mengingatkan agar tidak ada pegawai yang cuti diluar cuti bersama, apalagi pemerintah sudah memperpanjang jatah cuti bersama dari mulai tanggal 23 Juni. “Cuti memang tak boleh, menteri melarang berikan cuti kepada ASN karena sudah ada cuti bersama tak boleh perpanjang cuti,” tegasnya.

Ia berharap, pegawai dapat kembali masuk kerja pada tanggal yang sudah ditetapkan, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, jangan sampai setelah lebaran pelayanan dan kinerja menjadi malas-malasan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) Asman Abnur Senin (12/6/2017) telah mengeluarkan surat edaran terkait pelarangan penggunaan mobil dinas untuk mudik. Edaran itu telah diedarkan ke seluruh lembaga dan pemerintah daerah. Seluruh PNS diminta untuk menaati surat edaran itu.”Ada (sanksi) di peraturan itu ada semua. Pembina pegawainya itu sudah tahu itu, baik bupati, gubernur,” kata Asman.

Ketua KPK, Agus Rahardjo juga meminta pejabat negara tak menggunakan mobil dinas saat mudik lebaran. Mobil dinas, kata dia hanya bisa digunakan untuk melakukan tugas negara.

“Agak sulit membedakan seperti hari raya lebaran ini Anda sering melihat mobil dinas dipakai pulang kampung, itu sama sekali tidak boleh. Karena mobil dinas melayani yang bersangkutan melakukan tugas negara,” ujar Agus, Sabtu (10/6/2017).

Dia mencontohkan pimpinan KPK yang menggunakan kendaraan dinas. Saat berangkat dari Rumah menuju Kantor KPK menggunakan mobil pribadi. Jika dirinya menggunakan mobil dinas, keluarganya bisa menikmati fasilitas kantor. Oleh sebab itu, mobil dinas hanya digunakan dalam tugas negara.(nov/10)

 

No Response

Leave a reply "Erzaldi: Mobil Dinas Boleh Dibawa Mudik"