Erzaldi Minta Pegawai Jangan Bermalas-malasan

  • Whatsapp
Gubernur Babel saat memantau kondisi ruangan di Biro Setda Pemprov Babel, Kamis (16/5/2019). Dalam kesempatan ini, gubernur mengingatkan pegawai jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. (foto: Nurul Kurniasih)

PANGKALPINANG – Bertepatan dengan hari kesebelas puasa ramadan, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melakukan peninjauan ke sejumlah ruangan di beberapa biro dan sekaligus melihat kinerja pegawai.

Ia menegaskan, di bulan ramadan, bukan menjadi alasan bagi pegawai untuk bekerja malas-malasan, tetapi justru harus meningkatkan semangat, inovasi dan kreatifitas pegawai.

“Ramadan harus lebih baik, jangan banyak alasan, saya melihat semangat pegawai dalam kondisi puasa, harusnya tetap bekerja dan lebih giat dari waktu enggak puasa,” kata Erzaldi, usai meninjau ruangan Biro Pembangunan Setda Pemprov Babel, Kamis (16/5/2019).

Erzaldi mengatakan masih menemukan beberapa pegawai yang kerjanya menonton televisi meskipun ada juga yang sudah meluangkan waktu untuk membaca Al Quran. “Harusnya semakin aktif, kreatif inovatif, saya melihat disela bekerja ada yang ngaji, itu hal positif sudah bagus, tapi ada yang nonton tv,” singgungnya.

Peninjauan yang dilakukan ini, kata dia, sekaligus ingin melihat keefektifan ruang kerja di beberapa biro, apalagi nantinya akan ada marger beberapa biro menjadi satu.

“Sehubungan dengan nanti biro ekonomi dan pembangunan di rembuk jadi satu, protokol humas akan dihapus, kami ingin merencanakan ruangan, saya mendapati beberapa ruangan kurang pas,” tandasnya.

Kedepan, lanjutnya, setiap OPD yang akan mengajukan pembangunan kantor baru, harus dikaji terlebih dahulu oleh tim verifikasi, terkait kebutuhan, volume dan gaya ruang seperti apa.

“Jangan sampai setelah dibangun, dua tiga tahun dirubah lagi, harus dipersiapkan enam tahun sepuluh tahun kedepan, tidak mungkin era sekarang melakukan pembangunan kantor bersekat, harus terbuka dan berinteraksi, kalau berinteraksi kerja tim yang dijunjung tinggi,” jelasnya.

Saat meninjau ruangan di biro pembangunan, Erzaldi juga mendapati kursi sofa yang di bagian alas tempat duduknya terdapat kotoran dan sampah. Dia pun langsung meminta agar office boy untuk segera membersihkannya.

Tak hanya itu, hal-hal sepele, juga diperhatikan gubernur, sekaligus memberitahu kepada pegawai bagaimana semestinya hal-hal yang positif. Selain itu, ia juga meninjau renovasi ruang pertemuan di lantai dua, gedung depan kantor gubernur, yang sudah terhubung dengan lift di dengan gedung belakang.

“Ruang pertemuan itu ada perubahan kapasitas, menjadi 500 orang dan terhubung lift, kasian yang tua, yang sakit kakinya boleh pake fasilitas itu, kita memberi fasilitas kepada yang kurang sehat, kalau yang sehat, baik (naik-red) tangga lah,” ulasnya.(nov/10)

Related posts