Erzaldi Ingin Zirkon Diekspor

  • Whatsapp
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pertambangan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan berupaya melakukan ekspor zirkon.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menegaskan Babel memiliki potensi pendapatan daerah dari mineral ikutan timah yang belum termanfaatkan dengan maksimal. Dengan adanya ekspor zirkon menurutnya daerah akan mendapat royalti dari pemerintah pusat.

“Salah satunya zirkon, ini bukan kita enggak dapat PAD, itu galian C, kalau yang sudah diekspor kita dapat royalti sehingga berimbas pada pendapatan bagi hasil. Kita dorong agar segera kita percepat,
zircon yang dikirim itu kadarnya 65,5 persen, kalau masih keluar daerah masih bisa, tapi kalau ekspor kita harus genjot,” tegas Erzaldi kepada wartawan, Jumat (23/8/2019).

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini pengiriman zirkon masih antar daerah dan provinsi sesuai dengan Perda Pengelolaan Mineral Ikutan terutama diatur dalam Peraturan Gubernur. Pelaku ekspor, diberikan waktu satu tahun untuk investasi pemurnian, artinya setelah itu tidak bisa lagi ke luar daerah dengan bebas seperti saat ini.

Sedangkan untuk sektor perikanan, menurut orang nomor satu di Provinsi Babel ini juga memiliki potensi melimpah untuk pendapatan daerah. Potensi hasil laut Babel seperti udang, dia mencontohkan bisa langsung dikirim ke berbagai negara tetangga.

“Kita harus punya coldstorage, tahun 2020 kita rencananya sudah ada, nanti bisa kelola udang dan kita rencana ekspor langsung dari Babel, termasuk lada,” kata mantan Bupati Bangka Tengah.

Berkaitan dengan lada, Pemprov Babel kata dia, sudah berkomunikasi dengan Kementerian Pertanian dan Direktorat Jenderal Karatina yang sudah menyetujui ekspor lada dari Babel. Hanya saja, diakuinya, tinggal membahas dengan Dirjen Perdagangan Luar Negeri.

“Mudah-mudahan lada yang spesifik ini betul-betul premium sehingga lada kita lebih baik harganya, dan nanti juga dijualbelikan dalam bursa,” pungkasnya. (nov/10)

Related posts