Erzaldi Diminta Sowan ke Yusron, Rustam dan Dayat

  • Whatsapp

Antonius: Yang Kalah Harus Terima

PANGKALPINANG – Berdasarkan hasil penghitungan manual yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Belitung (Babel), menetapkan Cagub dan Cawagub nomor urut 4, Erzaldi Rosman – Abdul Fatah sebagai pemenang Pemilu sudah dinyatakan sah dan tinggal menunggu pelantikan.

Muat Lebih

“Terserah mau ada gugatan atau tidak yang jelas sudah sah,” ungkap anggota DPRD Babel Antonius Uston kepada wartawan, Senin (27/2/2017).

Namun, saat ini masyarakat menunggu seorang calon gubernur terpilih yakni Erzaldi Rosman – Abdul Fatah untuk sowan atau bersirahturahmi dengan tiga pasangan kandidat calon gubernur dan wakil gubernur yang kalah.

“Sowan, berjabat tangan dengan mereka, menyapa mereka dan mengajak mereka untuk sama-sama membangun Babel ini. Begitu juga sebaliknya, kita menunggu tiga calon yang kalah ini untuk menyatakan secara terbuka menerima kekalahan dan mendukung sepenuhnya gubernur terpilih,” harap politikus PKS asal Belitung itu.

Mengapa hal ini harus dilakukan?, sebab sebagai putra putra terbaik Babel, kata dia, sudah selayaknya calon gubernur peserta Pilkada menunjukan kepada Babel bahwa Pilkada telah selesai, empat pasangan calon sudah menjadi kekuatan bersama untuk membangun Babel kedepan.

“Tidak ada lagi yang tidak suka, tidak ada lagi yang kecewa dan tidak ada lagi yang kalah. Semua adalah pemenangnya. Dan kita juga ingin memberi contoh kepada provinsi-provinsi yang diluar sana yang mungkin lagi ada yang bersengketa bahwa Babel ternyata jauh lebih damai dalam perjalanan menyelesaikan perjalanan Pilkadanya,” tuturnya.

Maka dari itu, sebagai wakil rakyat dirinya juga berharap bagi pasangan calon yang kalah bisa menerima kekalahannya, dan yang menang bisa merangkul paslon yang kalah.

“Contoh ini yang harus kita berikan kepada provinis- provinsi yang ada diluar sana, termasuk di pusat pemerintahan kita bahwa miniatur NKRI itu adalah miniatur persatuan dan kesatuan itu ada di Provinsi Kepulauan Babel,” tuturnya.

Kilas Balik Pilgub

Sementara itu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar seminar “Kilas Balik Pilgub 2017”, di Kampus UBB, Senin (27/2/2017). Dalam seminar itu, diikuti oleh seluruh organisasi kemahasiswaan dan organisasi kepemudaan beserta mahasiswa FISIP. Sekitar 150 mahasiswa yang hadir dalam acara catatan dan ekspektasi publik.

Dijelaskan, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Janovan Tiranda kegiatan ini menjadi agenda rutin BEM FISIP. Apalagi, setelah pesta demokrasi dilaksanakan hal ini menjadi diskusi yang cukup menarik dengan menghadirkan pihak Bawaslu Babel, Divisi Penindakan Pelanggaran, Zul Terry Apsupi.

“Acara ini sudah menjadi agenda rutin BEM FISIP. Setelah pesta demokrasi usai, maka seminar ini untuk melihat kekurangan dan permasalahan yang terjadi saat berlangsungnya Pilkada. Lalu, seminar ini memberikan kritikan dan solusi sehingga hasil diskusi ini diberikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar kedepan Pilkada lebih baik lagi,” ungkapnya.

Dijelaskan oleh salah satu pembicara, Zulkarnain, dalam partisipasi pemilih pada Pilkada tahun ini persentasenya cukup rendah. “Kita informasikan bahwa partisipasi pemilih pada Pilkada 2017 masih cukup rendah,” urainya dalam penyampaian seminar itu.

Sementara, pembicara kedua dari Bawaslu Babel, Zul Terry Apsupi menguraikan seputar esensi pemilihan dalam Pilkada 2017 ini. Pihaknya juga, menyampaikan ucapan terima kasih kepada FISIP karena ikut berpartisipasi aktif dalam pengawasan Pilkada Babel.

“Kita sampaikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi FISIP UBB. Apalagi yang sudah ikut andil dalam pengawasan partisipatif dan ikut turun ke lapangan melakukan sosialisasi pengawasan pilkada tahun ini,” tutupnya. (ron/10)

Pos terkait