Erzaldi Akui Babel Sulit Lepas dari Pertambangan

  • Whatsapp
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengakui untuk  saat ini Babel belum bisa lepas dari sektor pertambangan. Namun, dia menegaskan dalam beberapa tahun terakhir daerah sudah mulai mentransformasikan ekonomi masyarakat dari sektor pertambangan ke pariwisata.

Pertumbuhan ekonomi di Babel, sebutnya, tidak bisa lebih dari rata-rata pertumbuhan nasional. Beratnya melampaui rata-rata pertumbuhan nasional ini, ujar Erzaldi karena ekspor daerah sangat  mengandalkan komoditas timah saja.

“Terus terang, kekuatan ekonomi Babel 24 persen dari pertambangan, tetapi tidak bisa bertahan stagnan disini saja. Karena kalau harapkan pertambangan ini barang habis, naik susah turun cepat, makanya dari 2017 sudah membuat kebijakan transformasi tambang ke wisata,” kata Erzaldi kepada wartawan belum lama ini.

Geliat sektor pariwisata, sebut orang nomor satu di Babel ini juga sudah mulai tumbuh, dimana Negeri Serumpun Sebalai sudah memiliki satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang yang sudah ditetapkan dan menyusul dua KEK lainnya.

“Selain itu ditambah banyak investasi di sektor pariwisata dan geliat UMKM serta perdagangan dan jasa yang mulai menjadi penghasilan baru bagi masyarakat. Beberapa agenda pariwisata di Babel, juga sudah ditetapkan menjadi agenda nasional dan mampu menyedot perhatian wisatawan nusantara maupun mancanegara,” katanya. (nov)

Related posts