Era Susanto Jabat Ketua PSSI Bateng Periode 2020-2024

  • Whatsapp


RAKYATPOS.COM, KOBA – Musyawarah Kabupaten (Muskab) Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Bangka Tengah berjalan sukses pada Sabtu (26/12/2020) pekan kemarin di Sekretariat KONI Bangka Tengah.

Hasilnya, nama Era Susanto terpilih secara aklamasi pimpin Askab PSSI Periode 2020-2024. Anggota DPRD Bangka Tengah tersebut menggantikan ketua PSSI lama Ari Yanuar Prihatin yang sudah habis masa jabatannya.

Read More

“Saya berterima kasih atas kepercayaan kawan-kawan semua yang telah memilih saya sebagai ketua PSSI yang baru melalui Muskab PSSI Tahun 2020,” ujar Era Susanto saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Minggu (27/12/2020).

Progres awal setelah jadi ketua PSSI, Era ingin memperbaiki struktural kepengurusan PSSI Bangka Tengah bertujuan tertib administrasi dan tertib anggaran.

“Awal-awal ini, tentu saya menyusun kepengurusan PSSI sesuai Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada untuk tertib administrasi dan tertib keuangan dalam menghindari temuan anggaran,” ujarnya.

Sebagai ketua, dirinya tentu bersikap komunikatif dalam hal memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan kegiatan yang berkaitan dengan sepak bola.

“Terkait program saya memang tidak muluk-muluk. Soal pembangunan sepak bola baik pembangunan SDM maupun pembangunan sarana prasarana, seperti lapangan olahraga harus diperjuangkan di Kementerian Olahraga. Itu ada program pembangunan stadion, rencana itu yang kita perjuangkan.
Kita contohkan di Jawa, lapangan olahraganya bagus, makanya harus dikejar. Syaratnya tinggal diusulkan siapa yang terlibat baik itu dinas terkait, PSSI, pemerintah daerah dan stakeholder,” ungkapnya.

Ia berharap harus ada kerjasama dalam membangun PSSI Bangka Tengah menjadi lebih baik.
“Mun dak de kerjasama di PSSI tentu harapan tidak terpenuhi. Saya bertekad akan memberikan gambaran yang saat ini gread 7 menjadi 9 selama kepengurusan saya,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Yasir melalui Sekretaris Prasodjo disela-sela membuka Muskab menyampaikan PSSI merupakan organisasi cabor yang besar karena sepak bola sangat dicintai oleh semua lapisan masyarakat, sehingga organisasi PSSI harus dikelola dengan management yang baik.

“PSSI juga sebagai cabor yang berprestasi saat Porprov V Tahun 2018 yang mendapat medali perak. Diharapkan pada Porprov berikutnya digenjot lagi pembinaan atletnya untuk mendapatkan medali emas,” ujarnya mewakili Ketua Umum KONI Yasir yang berhalangan hadir.

Dikatakannya, pengurus yang baru nanti diharapkan aktif melakukan komunikasi ke seluruh stakeholder, Pengprov PSSI, KONI Bangka Tengah, Pemerintah Daerah dan Dispora. Lebih khusus lagi sesuai dengan program yang ada dan tidak kalah penting komunikasi kebawah kepada para pelatih dan atlet.

“Muskab adalah musyawarah tertinggi dalam organisasi cabang olahraga. Diharapkan nanti dalam membahas programnya bisa menentukan program strategis untuk 4 tahun ke depan yakni program jangka pendek, menengah dan panjang. Jangan buat program yang sulit, nanti akan membebani ketua umumnya maupun pengurus baru dalam merealisasikannya,” tandasnya.

Untuk diketahui, peserta Muskab PSSI sebanyak 9 orang yang mempunyai hak suara terdiri dari 6 perwakilan kecamatan dan 3 perwakilan klub PS Bateng, PS Porkab dan Futsal.  Calon ketua sebanyak 3 orang, 2 orang mundur karena tidak bersedia dan tersisa nama Era Susanto. Sesuai tata tertib bila tersedia satu calon, maka dianggap sah terpilih secara aklamasi. (ran).

Related posts