Endang Kusumawaty Diminta Kooperatif Saat Dipanggil Sentra Gakkumdu

  • Whatsapp
Endang Kusmawaty bersama suaminya Irfan Suryanegara usai keluar dari Kantor Bawaslu Babel, Jum’at (8/3/2019). (foto:Roni Bayu)

PANGKALPINANG – Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Bangka Belitung (Babel) Andi Budi Yulianto menegaskan kedatangan Caleg DPR RI Dapil Provinsi Babel, Endang Kusumawaty ke Bawaslu Babel, Jum’at (8/3/2019) sebagai kunjungan biasa.

Kedatangan Endang bersama suaminya bersama suaminya Irfan Suryanegara tersebut, kata dia, tidak berpengaruh atas keputusan pleno Bawaslu Babel yang menetapkan kasus caleg DPR RI nomor urut dua yang mengumrohkan warga itu sebagai temuan.

“Sebenarnya beliau dan suami, ingin menyampaikan ketidakhadiran beliau atas beberapa kali panggilan Bawaslu. Keterangan Endang sudah tidak dapat memberikan pengaruh apapun. Bawaslu telah menetapkan kasus tersebut menjadi temuan berdasarkan hasil keputusan pleno, yang dilakukan pada Rabu (6/3/2019) lalu. Berdasarkan aturan, bahwa sejak temuan kita harus memutuskan dalam rapat pleno, bahwa itu sudah selesai dilakukan,” kata Andi kepada wartawan, Jum’at siang.

Dia berharap, nantinya Endang dapat bersikap kooperatif pada saat pemanggilan oleh Sentra Gakkumdu.

“Artinya mungkin selanjutnya karena ini sudah menjadikan temuan, kita mengharapkan beliau (Endang-red)  bisa kooperatif, bisa hadir pada saat pemanggilan oleh Sentra Gakkumdu,” kata Andi.

Sebelumnya, Irfan Suryanegara yang mengaku sebagai juru bicara Endang mengatakan, ketidakhadiran istrinya untuk memenuhi panggilan  Bawaslu beberapa waktu lalu, dikarenakan sakit. “Ini mau kasih tahu kalau Ibu Endang memang keadaan sakit, hari ini datang” kata Irfan usai kunjungan ke Bawaslu Babel.

Irfan yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Jawa Barat ini menegaskan, jika kegiatan umroh gratis sebagai bentuk ibadah itu dipermasalahkan, maka Endang Kusumawaty akan mengundurkan diri sebagai Caleg. “Sebagai seorang muslim, kalau Ibu Endang dilarang beribadah untuk mengumrohkan, Ibu Endang akan berhenti mencaleg,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, kegiatan umroh gratis ini merupakan program lama dari Endang dan tidak ada kaitannya dengan kegiatan kampanye Endang sebagai Caleg DPR RI. “Tidak ada, ini program lama kok,” kilahnya. (ron)

Related posts