Empat Partai Tidak Dapat Kursi

  • Whatsapp

Ada Enam Perwakilan Perempuan

SUNGAILIAT– Sebanyak 35 orang caleg terpilih ditetapkan menjadi Anggota DPRD Kabupaten Bangka periode 2019-2024, Selasa (13/8/2019). Sedangkan dari 20 partai yang ikut berpartisipasi dalam pemilu 2019, sebanyak empat partai tidak mendapatkan jatah kursi di DPRD Kabupaten Bangka.

Dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Bangka kemarin, Partai Garuda, Berkarya, PSI dan PBB belum berhasil mengisi kursi legislatif.

Sedangkan PDIP berhasil mendapat perolehan kursi terbanyak yakni tujuh calon yang lolos dari mpat daerah pemilihan (Dapil) pada Pemilu 2019, diikuti oleh Partai Gerindra dan Golkar masing-masing lima wakil.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bangka, Iman Supiar mengatakan bahwa ada 35 kursi legislatif di Kabupaten Bangka pada periode 2019-2024 dimana dari hasil pemilu beberapa waktu lalu, PDIP berhasil menempatkan calon terbanyak.

“Perolehan suara politik dan kursi, PDIP terbanyak yaitu tujuh kursi disusul Gerindra dan Golkar sama-sama lima kursi, Demokrat dan Nasdem empat kursi, PPP tiga kursi, PKS dua kursi, sedangkan PAN, PKPI, Hanura, Perindo dan PKB semuanya satu kursi,” ungkapnya.

Berdasarkan Berita Acara Nomor: 51/PL.01.9-BA/1901/KPU-kab/VIII/2019 dari 35 orang anggota terpilih tersebut terdapat enam orang perempuan yang terpilih.

“Tahun ini ada enam orang perempuan yang terpilih, ada yang baru dan ada juga wajah lama. Mereka ini dari dapil dua dan empat,” terang Iman.

“Yang pertama Surya Erni dari partai Nasdem, Imelda dari Golkar, Siti Fatimah dari PKB, Deasy Arisandi dari Gerindra, Acit Karvina dari PDIP dan Ruslina dari Demokrat,” tambahnya.

Iman bersyukur selama proses pemilu di Kabupaten Bangka dapat berjalan dengan aman dan terbuka sehingga tidak ada sengketa yang berarti.

“Alhamdulillah, proses penetapan tidak ada gugatan dari partai politik atau pun calon legislatif, semuanya berjalan aman dan lancar,” terangnya.

Pleno digelar di gedung aurora Tanjung Pesona Sungailiat tersebut dibuka oleh Ketua KPU Bangka beserta empat komisionernya. Tampak hadir Kapolres Bangka, Ketua Bawaslu Bangka serta perwakilan masing-masing parpol.

Gugatan PBB Kabur

Terpisah, penetapan anggota DPRD Kota Pangkalpinang periode 2019-2024 sempat tertunda lantaran adanya gugatan sengketa pemilu oleh Partai Bulan Bintang ke Mahkamah Kontitusi.

Namun Komisioner Divisi Teknis KPU Pangkalpinang Yusmayadi menyampaikan, gugatan sengketa erolehan suara yang dilayangkan Partai Bulan Bintang (PBB) ditolak Mahkamah Konstitusi (MK).

“Putusan MK tanggal 9 Agustus itu menyatakan bahwa itu gugatannya adalah kabur, sehingga MK memutuskan untuk tidak menerima gugatan tersebut. Secara otomatis, artinya gugatan tersebut ditolak,” kata Yusmayadi disela-sela kegiatan Rapat Pleno Terbuka di Swisbell Hotel, Selasa (13/8/2019).

Dia menjelaskan, gugatan sengketa yang dilayangkan oleh PBB karena kalah satu suara dari Partai Nasdem. “Hasil putusan MK terhadap gugatan PBB kepada KPU Kota Pangkalpinang itu hanya PBB, karena kalah satu suara di perolehan kursi terakhir, kursi 9 dari Partai Nasdem,” ujarnya.

Oleh karena itu, diakuinya, dalam menghadapi proses gugatan PBB itu, pleno penetapan kursi parpol dan calon terpilih Anggota DPRD Kota Pangkalpinang menjadi terhambat.

“Jadi sekali lagi yang membuat lama penetapan KPU Kota Pangkalpinang ini hanya karena kita ada gugatan PHPU PBB ke KPU Kota Pangkalpinang,” tandasnya.

45 Caleg DPRD Babel Ditetapkan

Sehari sebelumnya, KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga menetapkan perolehan kursi partai politik dan caleg terpilih pada Pemilu 2019 di Hotel Santika, Senin (12/8/2019). Dalam pleno itu, KPU Babel menetapkan 45 anggota DPRD Babel terpilih yang akan mewakili masyarakat dari enam daerah pemilihan.

Ketua KPU Babel Davitri usai pleno mengatakan, penetapan ini sudah melalui proses tahapan pemilu secara bersama dan tiap tahapan sudah disosialisasikan serta sukses terselenggara dengan kerjasama seluruh pihak.

Penetapan kali ini digelar setelah lima hari dari penyelesaian sengketa dan PHPU di MK. Sebanyak 45 kursi dari enam dapil sudah ditetapkan dan akan disampaikan ke Mendagri melalui Gubernur. Mengingat, proses pelantikan sudah bukan ranah KPU Babel lagi.

“Hari ini tidak ada keberatan, parpol sudah kirimkan saksi semua berjalan lancar. Nanti akan kita keluarkan putusan dan akan kita tetapkan SK-nya,” jelasnya.

Sebelumnya, rapat pleno ini sempat tertunda karena belum ada putusan resmi dari MK. Pasca lima hari dikeluarkan putusan MK pihaknya segera mengeksekusi penetapan calon terpilih anggota DPRD Babel.

Sementara, Bawaslu Babel menyambut baik eksekusi segera yang dilakukan oleh KPU Babel. Kamis (8/8/2019) lalu proses sengketa diselesaikan dan sesuai aturan lima hari setelah putusan MK, KPU harus segera menetapkan hasil perolehan kursi calon terpilih pemilu 2019.

“KPU Babel sudah tepat pelaksanaan hari ini, tindaklanjuti putusan MK segera mungkin penetapan calon pemilih hasil pemilu 2019. KPU harus menetapkan secara legal menurut aturan,” kata Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan.

Setelah ini tahapan berikutnya akan diserahkan hasil calon terpilih kepada Gubernur dan akan ditetapkan oleh Mendagri melalui Gubernur. Bawaslu berharap berjalan sesuai koridor tahapan yang ditetapkan. Bawaslu dalam pengawasan tahapan penyelenggaraan pemilu tetap koordinasi.

“Artinya kita dorong KPU dalam penetapan ini apa yang sudah dihasilkan dalam penyelenggaraan pemilu dan hasil PHPU yang sudah ditetapkan MK. KPU kita yakin sudah dapat melaksanakan sesuai aturan,” tukasnya. (2nd/mla/ron/6)

Daftar Nama Anggota DPRD Bangka Periode 2019 – 2024 :

DPRD Kabupaten Dapil I

1). Usnen (PDIP)
2). Eri Gustian (PDIP)
3). Mendra Kurniawan, A.Md (Gerindra)
4). Firdaus Johan (Nasdem)
5). Rendra Basri,.B.Sc (Golkar)
6). Deni Hasbi, SE (PPP)
7). dr. Zarril khifari (PKS)
8). Magrizan, S.Si (Hanura)
9). Darsani (Perindo)
10). K Herman Susilo (Demokrat)

DPRD Kabupaten Dapil II
1). Iskandar, SIP (PDIP)
2). Surya Erni, SE (Nasdem)
3). Imelda, SAP (Golkar)
4). M. Taufik Koriyanto, SH, MH (Gerindra)
5). Dodi Sadri, ST (PPP)
6). Muhammad Ali (Golkar)
7). Hendra Yunus (Demokrat)
8). Siti Fatimah, AMd Keb (PKB)
9). Deasy Arisandi (Gerindra)

DPRD Kabupaten Dapil III
1). Jumadi (PDIP)
2). Drs. Khairul (PPP)
3). Zulkarnain (PAN)
4). Sarudin (Gerindra)
5). Marianto, S.Sos (PKS)
6). Meidian (Demokrat)
7). Suian Andiyanto (PDIP)
8). Ruswanto, AMd (Golkar)

DPRD Kabupaten Dapil IV
1). Acit Karvina (PDIP)
2). Rudi Budiono (PDIP)
3). Masuri ST (Gerindra)
4). Junaidi Surya (Nasdem)
5). Suhandi (Nasdem)
6). Romlan SH (Golkar)
7). Ruslina (Demokrat)
8). Ramadian (PKPI)

Related posts