by

Eman Resmi Jadi Anggota DPRD Pangkalpinang

Ketua DPRD Achmad Subari saat melantik Eman sebagai anggota DPRD Pangkalpinang, Jum’at (2/3/2018).(foto: Budi)

PANGKALPINANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pangkalpinang menggelar sidang paripurna istimewa dengan agenda peresmian dan pengakatan Eman sebagai anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Jum’at (2/3/2018).

Dalam sidang yang digelar di Ruang Paripurna DPRD Kota Pangkalpinang itu, Eman secara resmi menjabat sebagai anggota DPRD setelah diambil janji dan sumpah oleh Ketua DPRD Pangkalpinang, Achmad Subari.

Achmad Subari mengatakan, pengangkatan Eman sebagai anggota DPRD sesuai dengan Surat Keputusan (SK) DPC Partai Demokrat Kota Pangkalpinang nomor : 010/SK/DPC/PD/DPC/1/2018 tanggal 15 Januari 2018 tentang penunjukan PAW.

Berdasarkan surat tersebut, kata dia, Partai Demokrat menetapkan saudara Eman sebagai anggota DPRD Kota Pangkalpinang menggantikan Alm. Yahya Muhammad yang meninggal dunia pada tanggal 15 Desember 2017 lalu.

“Menindaklanjuti surat tersebut, DPRD Kota Pangkalpinang mengusulkan peresmian PAW DPRD Kota Pangkalpinang kepada gubernur melalui Walikota Pangkalpinang,” ujar Subari dalam sambutannya.

Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Pangkalpinang Asyraf berharap, sebagai anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Eman bisa menjalankan tugas sebagai legislator handal. Dia juga percaya kerjasama antara pemerintah kota dan DPRD Pangkalpinang yang telah berjalan cukup baik dapat terpelihara.

Pada kesempatan itu, Asyraf juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras dan pengabdian almarhum H Yahya Muhammad, yang telah diberikan selama menjadi mitra pemkot Pangkalpinang.

“Kami harap beliau (Eman-red) jadi legislator handal. Semoga Allah SWT memberikan ganjaran amal ibadah atas segala pengabdian yang telah almarhum (Yahya-red) berikan selama menjabat anggota DPRD kota Pangkalpinang,” ujar Asyraf.

Asyraf, menyebut lembaga DPRD merupakan mitra kerja berkedudukan sejajar dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah Kota Pangkalpinang. Oleh sebab itu, diperlukan kondisi yang selaras dalam hubungan kerja antara legislatif dan eksekutif sebagai pemegang dan pelaksanaan amanat masyarakat.

“Dengan demikian dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi baik eksekutif dan legislatif pada hakekatnya merupakan perwujudan aspirasi masyarakat yang diimplementasikan dalam kegiatan pembangunan secara bertahap, menyeluruh dan berkelanjutan,” ujar Asyraf.

Siapkan Terobosan

Sementara itu, Eman berjanji menampung dan membawa aspirasi masyarakat. Sebab menurutnya, setelah duduk di bangku legislatif, dirinya merupakan wakil dan bagian dari rakyat.
Sejumlah langkah dan terobosan disiapkan Eman menyongsong awal jabatan dirinya sebagai anggota DPRD Kota Pangkalpinang.

Salah satunya, menyerap aspirasi kelompok nelayan. Terlebih diakui Eman, dirinya lahir dan tumbuh dari kalangan menengah kebawah. Bahkan sebelum diangkat menjadi anggota DPRD Kota Pangkalpinang.

“Saya disini bukan mewakili diri pribadi, tapi mewakili masyarakat. Jadi in sya allah saya akan menampung dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, khususnya nelayan, apalgi saya ini dari kalangan sederhana,”ucapnya.(bum/10)

Comment

BERITA TERBARU