Ely Rebuin dan Pasukan Kuning Bersih-bersih Sampah Liar



Bagikan Beras di Parit Lalang

PANGKALPINANG – Minggu (18/6/2017), Staf Khusus Walikota Pangkalpinang Bidang Lingkungan, Ely Gustina Rebuin bersama dengan puluhan pasukan kuning Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pangkalpinang gotong royong membersihkan sampah liar di kawasan Lontong Pancur.

Gotong royong yang dimulai pukul 07.00 Wib itu dihadiri Kepala DLH Kota Pangkalpinang Drs Iwansyah, Lurah Lontong Pancur Siti Zahara dan sejumlah warga setempat yang peduli terhadap kebersihan.

Kendati sedang berpuasa, namun tak menyurutkan semangat petugas dan warga untuk membersihkan sampah liar tersebut. Sampah-sampah liar yang awalnya menumpuk di pinggiran jalan RT 02 tersebut, tak lama sudah bersih kembali.

Elly menuturkan bahwa aksi gotong royong ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kota Pangkalpinang terhadap kebersihan lingkungan. Selain itu, katanya, hal ini juga merupakan upaya pemerintah dalam menanggulangi banjir.

“Lontong Pancur ini kan salah satu kawasan titik rawan banjir. Nah, sampah-sampah liar inilah salah satu penyebabnya, jadi hari ini (kemarin-red) saya mengajak pasukan kuning dan warga untuk bersama-sama membersihkannya,” kata Elly.

Diakui Elly, sebelum aksi gotong royong ini dimulai, dirinya merasa miris dengan prilaku warga. Pasalnya, meski dikawasan tersebut sudah disediakan bak sampah, namun warga malah membuangnya dipinggiran bak sampah tersebut.

“Jadi bak sampahnya tidak digunakan, warga lebih senang membuang sampah disamping bak sampah. Makanya, setelah dibersihkan ini kami berharap warga bisa bersama-sama menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempat sudah disediakan,” imbuhnya.

Kedepan lanjut Elly, pihaknya akan memberikan sanksi tegas bagi warga yang ketangkap tangan membuang sampah sembarangan. Dan dalam hal ini dirinya meminta dukungan dari masyarakat.

“Bagi masyarakat yang melihat warga membuang sampah sembarangan lagi, catat namanya dan lapor ke kita biar kita tindak tegas. Masyarakat jangan khawatir, kerahasiaan pelapor akan kita jaga,” katanya.

Senada dengan Elly, Kepala DLH Kota Pangkalpinang Iwansyah menambahkan, sampah liar yang berada di Lontong Pancur tersebut bukan pertama kali dibersihan. Sebelumnya, pihaknya juga sudah sering membersihkan kawasan tersebut, hanya saja warga masih saja membuang sampah sembarangan.

“Sebenarnya kita sudah merasa capek dengan ulah warga ini, yang mana mereka tidak peduli dengan kebersihan lingkungan sendiri. Ditaruh bak sampah, tapi tidak digunakan,” ungkap Iwansyah.

Namun demikian, dikatakannya, pihaknya tidak akan bosan-bosan untuk terus mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan.
“Mudah-mudahan dengan melihat aksi dan kepedulian kami ini, warga memiliki rasa malu untuk membuang sampah sembarangan lagi,” pintanya.

Sementara itu, salah seorang warga Lontong Pancur Edi kepada harian ini juga mengaku bahwa dirinya kerap sekali menegur masyarakat yang membuang sampah dikawasan tersebut. Namun, katanya, dirinya malah mendapatkan ancaman dari para warga.

“Itu lah manusia, ditegur malah marah dengan kita. Bahkan ketika saya tegur, mereka malah ngomong gini, kamu kenal dengan ini nggak? Terus saya bilang saya nggak kenal, yang jelas mau jendral datang kesini yang membuang sampah sembarangan pasti akan saya tegur, saya tidak takut selagi benar,” tegas Edi.

Edi menyebutkan, sampah-sampah liar tersebut bukan hanya berasal dari warga lontong pancur saja, namun juga dari warga sekitarnya diantaranya selindung, gabek hingga pasir garam.

Hal itu pun dibenarkan Lurah Lontong Pancur Siti Zahara. Bahkan diakui Siti, hampir sebagian warga Kecamatan Pangkalbalam membuang sampah dikawasan Lontong Pancur.

“Mungkin ada enam kelurahan yang buang kesini (lontong pancur-red). Jadi harapannya, kalau kita ingin bersih, mari kita saling menjaga kebersihan lingkungan kita, karena sampah adalah sumber penyakit. Untuk itu buang lah sampah pada tempatnya,” tukasnya.

Usai membersihkan sampah liar, Elly kembali melanjutkan penyerahan beras bantuan titipan walikota kepada 70 kepala keluarga di Kelurahan Parit Lalang di RT 01, RT 02 dan RT 03 RW 03.(fan/10)

Print Friendly
No Response

Leave a reply "Ely Rebuin dan Pasukan Kuning Bersih-bersih Sampah Liar"