Eksportir Banyak tak Gunakan SKA

  • Whatsapp

Perusahaan Wajib Ikuti Aturan

PANGKALPINANG – Banyak eksportir di provinsi Bangka Belitung (Babel) yang tidak menggunakan Surat Keterangan Asal (SKA) yang dikeluarkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) sebagai salah satu syarat untuk melakukan ekspor.
Padahal, dengan memiliki SKA eksportir mendapatkan banyak kemudahan dan keuntungan dalam melakukan ekspor ke luar negeri.
Kabid Pengembangan Perdagangan Disperindag Babel, Riza Aryani menegaskan, untuk perusahaan smelter rata-rata meminta SKA untuk melakukan ekspor, tetapi ada juga peruaahaan lain baik cpo, lada maupun ikan yang tidak menggunakan SKA.
“SKA bisa sebagai potongan biaya masuk di buyer, memudahkan masuknya barang, dan menertibkan perdagangan, ada negera yang minta atau mengharuskan SKA terikat pada perjanjian internasional,” katanya.
Untuk formulir SKA dikeluarkan olehvKementerian Perdagangan, dan eksportir cukup membeli formulir ini di Disperindag dengan biaya Rp 5.000 saja,
“Beli formulir lima ribu, itu dari kementerian menitipkan di kita, tarif itu masuk dalam penerimaan negara bukan pajak,” sebut Riza.
Riza menambahkan kedepan pihaknya akan lebih gencar melakukan sosialisasi pentingnya penggunaan SKA dalam melakukan ekspor, selain tertib administrasi dan diketahui data akurat, eksportir juga mendapatkan keuntungan.
“Ekspor hasil laut ada beberapa perusahaan yang ekspor tapi tak pake SKA, kedepan kami ajak untuk terbitkan SKA, untuk udang baru satu eksportir, kita tidak tau mereka ini gak pake SKA apakah dibeli ditengah laut atau bagaimana,” terangnya.
Untuk ekspor udang ini, mengalami peningkatan dan baru dilakukan dua tahun terakhir, dengan ekapor tahun pertama hanya 7.252 kg naik menjadi 71.138 kg.
“Yang kita tahu peruaahaan udang ini lebih dari sepuluh, tetapi hanya sedikit yang menggunakan SKA, apa memang mereka gak tahu, kita akan lakukan sosialisasi, Barang yang keluar harus tahu, gubernur kan perpanjangan tangan pemerintah, sejatinya perusahaan ikuti aturan ini,”tandasnya.(nov/6)

Related posts