by

Dua Residivis Spesialis Bobol Rumah Ditembak Polisi

SUNGAILIAT – Spesial pembobol rumah yang meresahkan warga akhirnya diringkus tim Opsnal Polres Bangka di sebuah kontrakan Kawasan bedeng ake Sungailiat Bangka, Rabu (27/2/2019) siang.

Mereka Edi Hermawan alias ujang kerengge ( 30thn) dan Fauzi alias Caplin (34) Residivis asal Sumatra Selatan, tertangkap berawal dari LP/B-759/V / tanggal 2 Mei 2018 tentang penggelapan sepeda Motor Sky Wave 125. Bahkan saat penangkapan keduanya terpaksa dihadiahi timah panas, lantaran berusaha kabur saat akan ditangkap.

Dari hasil pengakuannya, mereka baru saha usai melakukan aksi pencurian sebuah kamera Canon Eos 600D, serta satu unit HP dan Uang sebesar Rp. 3.500.000,- di kawasan Riau Silip.

“ Kita malingnya siang terus pak, jadi awalnya kita langsung datangi rumah korban, kita ketuk pintu dulu, kalau pemilik rumahnya ada di rumah kita pura-pura nawar jasa apa lah gitu, tapi kalau rumah sepi, pintu tertutup, kita panggil-panggil nggak ada orang, disitu lah kesempatan kita mencurinya, kita langsung buka pintunya dengan besi Linggis atau obeng panjang,” ungkap Ujang Kerengge.

Dari pengakuan tersangka Sepeda motor Suzuki Sky Wave hasil dari penggelapan tersebut baru saja hendak di jual dan rencananya mau di jual seharga 2 juta.

“ Motor itu aku titip di mentok pak, renacanya mau saya jual, biasanya saya pakai motor itu kalau di bangka, tapi karna butuh uang rencananya mau saya jual, karna kehabisan uang, tapi kedulu ketangkap,” kata Ujang.

Sementara itu sebagian barang bukti lainnya ada untuk pemakaian sendiri dan ada juga sebagian yang sudah di jual di luar pulau bangka,” untuk lokasi maling banyak pak di sini (sungailiat) tapi lah lupa tempat-tempat e, untuk HP sebagian ku pakai sendiri sebagian ku jual, tempat jualnya pun udah lupa, katna udah lama,” tambahnya.

Kabag Ops Polres Bangka Kompol Sophian, didampingi Kasat Reskrim Polres Bangka AKP Rio Reza mengatakan, kedua tersangka merupakan Residivis terkait kasus Senjata Tajam dan Pencurian kendaraan bermotr di Sumatra Selatan.

“ Awalnya kedua tersangka ini kita tangkap terkait laporan Penggelapan sepeda motor, terus dilakukan pengembangan, ternyata mereka juga pernah melakukan pencurian di beberapa TKP yang ada di Sungailiat, untuk kedua tersangka ini memang dikenal spesialis bobol rumah, selain pwas ngakuan tersangka, di dalam tas tersangka juga kita dapatkan 2 buah Obeng panjang yang di gunakan tersangka untuk mencongkel rumah korban,” paparnya.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Bangka, AKP Rio Reza,.SIK mengatakan Kedua Tersangka di jerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian Pemberatan dengan ancaman 9 tahun Penjara.

“ selain mengamankan tersangka kita juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seperti Kamera, HP, Uang Tunai , Laptop, TV, Obeng serta 3 unti Kendaraan Bermotor,” ungkap Kasat.(2nd/7)

Comment

BERITA TERBARU