DTKTKUKM Basel Siapkan 100 Sertifikat Halal

  • Whatsapp

79 UMKM Telah Memiliki Sertifkat Halal

TOBOALI – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mencatat sebanyak 79 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang begerak di bidang produk olahan pangan telah memiliki sertifikat halal.

“Tahun 2016 baru ada 6 UKM yang memiliki sertifikat halal. Bantuan provinsi pada 2017, dapat 18 lembar. Kemudian kemarin ditambah lagi 55 lembar dari provinsi dan 10 lembar dari kabupaten,” ujar Kepala DTKTKUKM Basel Basu Priatna, belum lama ini. Dia menambahkan, rencananya pada tahun 2019 ini pemerintah kabupaten kembali menerima bantuan 34 lembar sertifkat halal untuk para pelaku UKM.

Namun tidak hanya itu saja, pihaknya juga memiliki program untuk membagikan sertifikat halal sebanyak 60 lembar. “Pelaku UKM yang akan menerima sertifikat halal dari bidang produk olahan pangan ini ada berbagai macam. Seperti pengolahan kretek, belacan, kripik, tukang mie, bakso dan rumah makan,” papar Basu.

Di sisi lain Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Dinas Tenaga kerja, transmigrasi, koperasi dan UKM terus fokus pada program mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tahun 2019.

Saat ini, telah dibangun beberapa Pusat Jajanan Selera Rakyat (Pujasera) di beberapa destinasi wisata guna mendukung beberapa even wisata di di negeri Junjung Besaoh.

Pemkab Basel yang fokus pada event pariwsiata lokal maupun nasional dan menarik wisatawan ke Basel sangat membantu sekali dalam pengembangan UMKM terutama dalam bidang pemasaran.

“Pembangunan Pujasera yang dibangun di beberapa tempat pariwisata seperti di pantai batu kapur dan wisata mangrove tukak diharapkan dapat memberdayakan pelaku UMKM di Basel. Kita terus berkoordinasi dengan DPPSPRINDAG guna mengembangkan UMKM di Basel. Harapan kita tentunya bertahap UMKM Basel akan terus berkembang dan tarap ekonomi masyarakat pelaku UMKM akan terus meningkat tentunya,” pungkas Basu. (raw/3)

Related posts