DPRD Usung Jembatan Selat Bangka

No comment 843 views

Hubungkan Bangka-Sumsel
Realisasi Anggaran Diperkirakan Rp5-7 T

PANGKALPINANG – DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendesak pemerintah pusat untuk membantu melalui APBN untuk pembangunan jembatan Selat Bangka yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumatera Selatan (Sumsel).
“Kami mendesak pemerintah pusat untuk membantu pembangunan jembatan Selat Bangka yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumsel,” ujar Ketua Tim III DPRD Babel, Toni Purnama kepada wartawan, Jumat (12/1/2018).
Toni menjelaskan, saat timnya melakukan studi banding ke Sumsel dan bertemu dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Sumsel diketahui Pemerintah Provinsi Sumsel telah menganggarkan pembangunan akses jalan ke lokasi jembatan yang bakal dibangun.
“Kita apresiasi pemerintah Provinsi Sumsel telah menganggarkan pada 2018 ini untuk pembangunan jalan sepanjang 150 kilometer dari Plaju sampai daerah Cangal,” ungkap Toni.
Untuk itu lanjut Toni, pihaknya akan segera ke DPR RI agar jembatan 13,5 kilometer tersebut dapat dibangun pada 2019 mendatang. Selain itu pihaknya juga meminta Gubernur Babel agar melobi presiden sehingga pembangunan jembatan tersebut bisa terwujud.
“Kami akan sinergi dengan gubernur, untuk mendesak agar pembangunan jembatan ini dianggarkan di APBN 2019. Karena kita tahun Babel belum pernah memdapat kucuran APBN dalam jumlah besar dibanding dengan daerah lain. Sementara Babel sudah menyumbang devisa yang cukup besar dari timah,” katanya.
Jika jembatan yang diperkirakan menghabis dana Rp5 hingga Rp7 triliun terealisasi lanjut Toni, maka akan berdampak besar terhadap perkembangan ekonomi, pariwisata dan lain sebagainya. Jika masalah ini sudah ada titik terang, maka akan diusulkan pada anggaran perubahan untuk pembebasan lahan jembatan tersebut.
“Kita akan usul pada anggaran perubahan untuk pembebasan lahan dan kita juga berembuk dengan pemerintah provinsi sumsel yang menjadi kewenangan maaing-masing. Jika semua ini susah ada titik terang,” pungkasnya. (ron/6)

No Response

Leave a reply "DPRD Usung Jembatan Selat Bangka"