DPRD Berharap Perda Perlindungan Lingkungan Geologi Buat Babel jadi Daerah Tangguh

  • Whatsapp

Ketua Pansus Raperda Perlindungan Lingkungan Geologi Inisiatif DPRD Babel, Nico saat memimpin audiensi bersama Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.(foto: ist/heppy).

RAKYATPOS.COM, BANDUNG – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sudah sejak lama dikenal dunia akan kekayaan sumber daya mineralnya yang beragam, salah satunya adalah timah. Hal inilah yang mendorong anggota DPRD Babel berinisiatif merancang sebuah Peraturan Daerah (Perda) tentang Perlindungan Lingkungan Geologi.

Langkah  itu dimaksudkan agar kekayaan sumber daya geologi masih bisa dinikmati dan dilihat generasi selanjutnya. Demikian paparan Ketua Panitia Khusus (Pansus) Geologi, DPRD Babel, Nico Plamonia saat beraudiensi dengan Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di Ruang Rapat AF Lasut III, Gedung Pusat Lingkungan Geologi dan Air Tanah, Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/09/2020).

Read More

“Semua orang mengetahui bahwa Babel itu adalah penghasil timah terbesar. Artinya, sejak  zaman sebelum kolonial Belanda sampai sekarang adalah daerah pertambangan baik di darat dan lautan. Karena itu, kekayaan geologi ini sangat rentan, bila dilihat secara geologi wilayah-wilayah yang ada di Babel memiliki potensi yang sangat baik. Tetapi, ada hal-hal tertentu seperti eksploitasi pertambangan yang membuat beberapa wilayah lambat laun akan hilang,” terang Nico.

Pimpinan dan anggota DPRD Babel, khususnya Pansus Geologi yang hadir ini, kata Nico, punya semangat untuk menjaga warisan alam ini.

“Mitra stategis kami dalam menyusun Perda Perlindungan Lingkungan Geologi ini, adalah Badan Geologi. Kami (DPRD-red) berharap, dengan terbitnya Perda Perlindungan Lingkungan Geologi membuat daerah kami Babel yang boleh dikatakan rawan menjadi daerah yang tangguh, bisa berjalan dengan selaras baik di pertambangan dan juga pariwisatanya,” ujar Wakil Rakyat Babel tersebut.

Kepala Badan (Kaban) Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral,  Dr. Ir. Eko Budi Lelono menyambut baik, dan sangat mendukung langkah-langkah inisiatif yang diambil anggota DPRD Babel.

“Kami dari Badan geologi siap dan mendukung apa-apa yang menjadi harapan bapak/ibu dalam menyusun Raperda ini,” tegas Kaban Geologi.

Related posts