by

DPRD Bateng Gelar Paripurna Pengesahan Tatib Cawabup

-Moment-130 views


KOBA – Hasil kunjungan tim Panitia Khusus (Pansus) Calon Wakil Bupati (Cawabup Bangka Tengah ke Gubernur Babel, Menteri Dalam Negeri, Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat dan Palembang Provinsi Sumatera Selatan berhasil merumuskan draf tata tertib (tatib) sebanyak 22 pasal dan 14 bab. Pada Rabu (23/5/2018) draf tersebut telah disahkan melalui Rapat Paripurna DPRD Bangka Tengah yang dipimpin langsung Ketua DPRD Algafry Rahman.

Selain itu turut digelar rapat paripurna penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Bangka Tengah tahun 2017. Turut hadir dalam kegiatan itu, Bupati Ibnu Saleh, Ketua DPRD Algafry Rahman, Wakil Ketua I Syamsu Hairil, Wakil Ketua II H. Syahroni, beserta anggota DPRD Bateng, Sekda Sugianto, perwakilan Kapolres Bateng, perwakilan Kejari, Danramil, Danpos TNI AL Koba, Kepala OPD, organisasi pemuda dan insan pers.

Bupati Bateng Ibnu Saleh mengatakan berkas dua nama cawabup yakni Suwarno dan Yulianto Satin diserahkan bupati kepada Ketua DPRD Algafry Rahman untuk selanjutnya dilakukan proses pemilihan.
“Alhamdulillah, proses pemilihan cawabup Bateng sudah masuk tahapan pengesahan tatib dan pembentukan panlih. Namun saya tegaskan bahwa berkas dua nama cawabup itu diserahkan oleh bupati kepada DPRD bukan sebaliknya. Jadi jangan sampai salah,” ujarnya.

Sementara itu, Maryam, Ketua Pansus Pemilihan Cawabup Bateng dalam paparannya menyampaikan ada 5 dasar permumusan tatib cawabup Bateng itu yakni Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014, Peraturan Pemerintah tentang Pedoman Tatib DPRD, Permendagri dan Perda Nomor 1 tahun 2018 tentang tatib DPRD.

“Dari serangkaian koordinasi dan kunjungan Tim Pansus Cawabup ke Gubernur Babel, Mendagri, Kabupaten Subang dan Palembang, maka berhasil merumuskan draf tatib 22 pasal 14 bab,” ujar Maryam.

Selain pengesahan tatib, juga penetapan Panitia Pemilihan (Panlih) Cawabup Bateng dengan anggota dr. Sartoni (Fraksi Golkar), Edi Purwanto (Fraksi PDIP), Apri Panzupi (Fraksi PPP), Herman HM (Fraksi PAN), Azwar (Fraksi Gerakan Keadilan), Drs. Irwan (Sekwan DPRD).

“Terhitung 30 hari kerja dari hari ini, kawan-kawan Panlih yang melaksanakan tugasnya untuk memverifikasi dokumen calon wabup. Untuk tugas Pansus sudah menyelesaikan 2 tugas yakni menyusun tatib dan membentuk Panlih. Tinggal satu lagi tugas Pansus yakni mengkonsultasikan jika ada kekurangan-kekurangan dalam tatib,” terangnya. (ran/10)

Comment

BERITA TERBARU