DPRD Basel Ajukan Raperda Inisiatif

  • Whatsapp

Raperda Stunting, PMI & Koperasi

TOBOALI – Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propem Perda) DPRD Bangka Selatan (Basel) tahun 2020 mengajukan 3 Perda insiatif. Ketiga Perda tersebut merupakan urusan wajib, dan sangat diharapkan oleh masyarakat Basel, karena ketiganya merupakan permasalahan yang masih banyak terjadi di Basel.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Bapem Perda DPRD Basel, Samsir kepada wartawan Senin (28/10/2019). Menurutnya, rencana ketiga Perda inisiatif tersebut adalah Raperda Penyelenggaraan Palang Merah Indonesia (PMI).

Basel memiliki permintaan darah yang cukup tinggi. Selain itu, tingginya intensitas kegiatan donor darah yang dilakukan di Basel, tetapi Basel sendiri belum memiliki fasilitas bank darah sebagai tempat penyimpanan dan pengolahannya.

Selama ini, kata dia, darah hasil donor harus diolah dan disimpan di PMI Pangkalpinang, sehingga saat dibutuhkan oleh masyarakat Basel sulit didapat, dan sampai saat ini juga belum memiliki regulasi hukum untuk penyelenggaraan kegiatan PMI tersebut.

Selain itu, kata Samsir, Raperda Stunting, dimana Bangka Selatan termasuk salah satu daerah yang memiliki angka stunting (tubuh kerdil) yang tinggi di Indonesia, sehingga diperlukan gerakan yang cepat untuk mengatasi bertambahnya anak stunting dimasa yang akan datang.

“Masalah stunting ini, merupakan tanggung jawab beberapa OPD bukanya hanya dinas kesehatann tetapi memerlukan gerakan bersama yang terintegrasi, karena melibatkan beberapa OPD terkait dalam penyelesaiannya,” ujarnya.

Raperda inisiatif lainnya adalah Raperda Pedoman Pengelolaan Koperasi. Sampai sekarang di dinas koperasi terdapat 31 koperasi yang tidak aktif tanpa ada mengadakan Rapat Anggota Tahunan. Koperasi tersebut masing – masing meninggalkan hutang 50 juta sampai 100 juta rupiah yang tidak bisa dipertanggung jawabkan menjadi kerugian negara.

“Ini harus ada regulasi yang bisa mengaturnya jika mau dibubarkan dan bagaimana dengan aset yang dimiliki jika dilakukan pembubaran,” ujar politisi PKS ini. (raw/3)

Related posts