DPRD Babel Setujui FS Jembatan Sebagin – OKI

No comment 152 views


Diharap Jadi Solusi Memutus Inflasi
Yakin Babel akan Lebih Maju

TOBOALI – Rencana pembangunan jembatan penghubung Bangka Selatan – Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan diharapkan dapat menjadi satu solusi memutuskan tingkat inflasi di Bangka Belitung. 
Tingkat inflasi yang tinggi di Babel menjadi salah satu persoalan mendasar dan diperparah dengan ambruknya harga lada saat ini. Untuk itu, DPRD Bangka Belitung telah menyetujui anggaran Fisibility Study (FS) rencana pembangunan jembatan Sebagin – OKI yang diperkirakan sepanjang 13,5 kilometer sebesar Rp 2 M. 
Demikian dikatakan Ketua DPRD Bangka Belitung, Didit Srigusjaya kepada wartawan di sela sela menghadiri Buka Puasa Bersama di Sekretariat PDIP Basel Jumat (16/6/2017). “Inflasi kita yang tinggi, ditambah harga produk pertanian kita yang anjlok menyebabkan ketidakstabilan ekonomi, salah satu solusinya adalah yang dilakukan Pak Rustam Efendi yang telah menandatangani MoU dengan Pemprov Sumsel untuk membangun jembatan penghubung Sebagin – OKI. Ini kita harapkan akan menjadi solusi terbaik menekan inflasi, memasarkan komoditi Babel dengan harga yang berkompetisi,” jelas Didit. 
Menurutnya, tahun ini tahapan studi kelayakan kemungkinan sudah dilelang dan segera dilaksanakan. “Terhadap rencana pembangunan itu, Pak Presiden RI mendukung dan menargetkan tahun 2019 akan segera dibangun menggunakan dana APBN, dan dalam waktu dekat akan berkunjung ke Babel untuk melihat langsung rencana pembangunan jembatan tersebut. Memang ada pelabuhan sedang dalam pengembangan, tetapi ingat pelabuhan masih bergantung dengan cuaca. Kalau jembatan tidak tergatung cuaca, dan ini solusi terbaik menekan inflasi dan menaikan harga komoditi Babel. Selama ini, mohon maaf lada Babel dibeli oleh broker dengan harga murah. Jika sudah ada jembatan produk kita langsung kita jual ke Pulau Sumatera dengan harga tinggi, dan kebutuhan pokok lainnya bisa melalui jalan darat, karena selama ini, cabe dan tomat ke Babel lewat udara loh,” jelasnya.
Didit menambahkan, pembangunan jembatan penghubung tersebut diperkirakan akan menelan dana sebesar Rp 17 triliun. “APBD Babel tentu tidak sanggup, Pak Presiden menargetkan pembangunan akan dilaksanakan pada tahun 2019, dan dananya sekitar Rp 17 triliun. Kita harapkan masyarakat Basel mendukung. Kalau saya lihat masyarakat sebagin semuanya mendukung. Kalau soal keamanan itukan tugas kita bersama bagaimana menjaganya, dan saya yakin jika jembatan sudah dibangun, maka Babel akan jauh lebih maju,” pungkasnya. (raw/3).

Print Friendly
No Response

Leave a reply "DPRD Babel Setujui FS Jembatan Sebagin – OKI"