DPRD Babel Paripurna Usulan Bangka Utara

  • Whatsapp
Foto ilustrasi

PANGKALPINANG – DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menggelar rapat paripurna terkait penyampaian pandangan akhir fraksi terkait pembentukan Kabupaten Kepulauan Bangka Utara, Jumat (17/1/2020).

“Kita akan memparipurnakan persetujuan pengusulan terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Utara,” kata Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi saat diwawancarai di Gedung DPRD Babel, Kamis (16/1/2020).

Dia menyampaikan, secara pinsip Komisi I DPRD Babel sudah tidak ada masalah lagi mengenai usulan pembentukan DOB Kabupaten Bangka Utara ini. “Dan saya yakin dan percaya hampir semua fraksi-fraksi itu menyetujui tetapi realnya kita lihat di paripurna,” ujarnya.

Amri menjelaskan, paripurna pembentukan Kabupaten Bangka Utara ini merupakan langkah awal untuk mendorong pemerintah pusat dalam pengesahan DOB yang baru ini berdasarkan undang-undang.

Baca Lainnya

“Siapa pembentuk undang-undang? Ya pemerintah pusat bersama DPR RI, nah ini lah yang harus kita dorong, persetujuan provinsi itu hanya sebagai persyaratan, makanya itu harus kita penuhi,” ujarnya.
Oleh karena itu, ia mengimbau dan mengajak para pimpinan DPRD Babel dan pihak eksekutif khususnya gubernur dan para stafnya agar terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah pusat.

“Dan juga keterlibatan peran dari Anggota DPR RI kita (Dapil Babel-red), selain ketiga Anggota DPR RI kita ini, saya juga mengimbau kepada seluruh fraksi untuk sama-sama juga melakukan komunikasi yang intens terhadap fraksinya masing-masing di DPR RI,” imbaunya.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Babel, Agung Setiawan mengaku ikut mendukung pembentukan DOB Kabupaten Bangka Utara.

“Karena pengurusan perizinan dan pembangunan itu lebih cepat dan lebih mudah sehingga pemerataan pembangunan di daerah itu lebih cepat, keinginan Bangka Utara dari dulu sampai sekarang itu sangat luar biasa,” ujar Agung. (ron/6)

Related posts