DPPKBP3A Sikapi Maraknya Kasus Kekerasan terhadap Anak

  • Whatsapp

Bentuk Forum Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat

KOBA – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) membentuk forum perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat.

“Forum ini, memang dibentuk untuk menekan kasus kekerasan terhadap anak dan kasus pelecehan seksual yang menimpa anak,” ujar Kepala DPPKBP3A Kabupaten Bateng, dr. Dede Yulianti, Minggu (19/06/2019).

Hal itu, katanya, menyikapi maraknya kasus kekerasan terhadap anak dan kasus pelecehan seksual kepada anak khususnya di Kecamatan Lubuk Besar di wilayah tersebut.

“Beragam upaya sudah kami lakukan untuk memberikan perlindungan yang kuat terhadap anak diantaranya membentuk forum itu yang melibatkan berbagai unsur masyarakat di pedesaan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kasus kekerasan terhadap anak masih tetap saja tinggi, dan semua ini terkait dengan mental pelaku.
“Contohnya kasus pencabulan yang baru-baru ini terjadi di Lubuk Besar, padahal sosialisasi sudah sangat gencar dilakukan. Tetapi, kembali lagi, ini terkait mental pelaku yang sudah bobrok,” ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah membentuk forum anak desa, forum kekerasan dalam rumah tangga dan memasang sejumlah spanduk serta baliho sebagai bentuk gencarnya sosialisasi perlindungan terhadap anak.

“Memang di Kecamatan Lubuk Besar tergolong tinggi angka kasus pelecehan seksual, padahal menurut catatan kami masyarakatnya sangat peduli. Makanya kami katakan ini hanya terkait mental pelaku dan mirisnya lagi pelaku rata-rata sudah berumur lanjut,” tukasnya. (ran/3).

Related posts