DPD LDII Pangkalpinang Gelar Sosialisasi Kesehatan Gizi Seimbang

  • Whatsapp
Dewan juri saat mencicipi hasil masakan peserta lomba memasak saat kegiatan sosialisasi kesehatan yang digelar LDII Pangkalpinang, di Masjid Miftahul Huda, Rejosari, Pangkalpinang. (foto: istimewa) 

PANGKALPINANG– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Pangkalpinang bersama Forum Komunikasi Kesehatan Islam (FKKI) Bangka Belitung (Babel) mengadakan sosialisasi kesehatan untuk warga LDII pada Minggu (10/2/2019), di Masjid Miftahul Huda, Rejosari, Pangkalpinang.

Sosialisasi kesehatan gizi seimbang ini dilakukan guna mencegah diri dari penyakit menular yang sedang marak terjadi saat ini. Juga menjadi percontohan hidup sehat di lingkungan keluarga dan masyarakat. Berbeda halnya dengan sosialisasi pada umumnya, acara tersebut diikuti oleh peserta remaja putri, ibu rumah tangga (IRT) dan ibu-ibu lanjut usia.

Selain sosialisasi kesehatan, bagi remaja putri dibekali keterampilan membuat kue yang diharapkan mereka dapat memanfaatkan dan mengembangkan keterampilan tersebut untuk dijadikan sebagai usaha kecil. Sedangkan bagi IRT, kegiatan diisi dengan lomba memasak. Setiap tim diharuskan memasak dengan kreasinya masing-masing dengan menyajikan menu gizi seimbang sebagai penilaian utama.

foto: istimewa

Ibu-ibu yang telah lanjut usia diberikan pemahaman tentang menjaga pola kesehatan dengan mengkonsumsi gizi seimbang sebagai upaya pencegahan penyakit yang umumnya dialami manusia saat memasuki usia lanjut. Peserta tampak antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan meskipun kondisi cuaca mendung. Mereka tetap mengikuti kegiatan sampai akhir.

Bahkan salah satu peserta dengan keadaan hamil tua sembilan bulan tetap semangat mengikuti kegiatan. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk perlombaan ini seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta.

“Ibu rumah tangga, remaja putri, dan ibu yang telah lanjut usia sengaja dibedakan kegiatannya sebab kebutuhan mereka dalam keseharian tentang kesehatan dan gizi seimbang ini juga berbeda,” ujar Ketua Dewan Penasehat (Wanhat) DPD LDII Pangkalpinang, Dedi Purwadi.

“Sebenarnya kerukunan, kekompakan dan kerja sama dalam mewujudkan hidup hehat adalah tujuan utama dari kegiatan ini, sehingga ibadah menjadi semangat,” tuturnya.(rls/10)

Related posts