by

DPD KNPI Bateng akan Gelar Muscam

KOBA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Bangka Tengah menggelar Musyawarah Kecamatan (Muscam) pada enam kecamatan di Bangka Tengah dalam waktu dekat. Hal itu dilakukan mengingat masa tugas Ketua Kecamatan KNPI telah berakhir pada Bulan Mei 2018 yang lalu.

“DPD KNPI Bangka Tengah sesuai jadwal yang telah ditentukan akan melakukan Muscam untuk pemilihan Pimpinan Kecamatan (PK) ditiap-tiap kecamatan yang ada di Bateng. Untuk masa Pimpinan Kecamatan yang lama telah berakhir pada Bulan Mei 2018 yang lalu, namun sekarang telah diperpanjang 3 bulan untuk mempersiapkan pemilihan PK yang baru,” ujar Ketua DPD KNPI Bateng, Palmulip kepada Rakyat Pos, Selasa (10/7/2018).

Dasar pihaknya melaksanakan Muscam KNPI sesuai aturan AD/ART KNPI. “Sesuai AD/ART KNPI apabila telah berakhirnya masa tugas pengurus KNPI baik ditingkat kabupaten maupun kecamatan, maka akan dilakukan pemilihan pengurus yang baru, baik ditingkat Kabupaten maupun tingkat kecamatan,” ungkapnya.

Diterangkannya, jadwal Muscam sendiri, pihak panitia telah mempersiapkan waktu, tempat dan pembukaan pendaftaran bagi para calon Ketua Pimpinan Kecamatan KNPI.

“Jadwal yang telah ditentukan panitia untuk Kecamatan Lubuk Besar dan Koba dilakukan Muscam pada hari Jum’at, 13 Juli 2018. Untuk Kecamatan Sungiselan dan Simpang Katis pada hari Sabtu, 14 Juli 2018. Sedangkan Kecamatan Pangkalan Baru dan Namang dilaksanakan pada Sabtu, 21Juli 2018. Itu sesuai jadwal yang dibuat panitia. Namun tidak menutup kemungkinan ada perubahan dari jadwal tergantung kesiapan tempat pelaksanaan Muscam itu sendiri,” ucapnya.

Dikatakan Palmulip, pihaknya telah mempersiapkan mekanisme pemilihan antara lain melalui pertama mekanisme musyawarah mufakat dan yang kedua mekanisme voting. Namun untuk mekanisme voting dilakukan apabila tidak tercapai Musyawarah mufakat.

“Muscam nanti kita pertama menawarkan kepada para calon melalui mekanisme musyawarah mufakat. Apabila musyawarah mufakat tidak tercapai, maka mekanisme pemilihan yang kedua yaitu dilanjutkan dengan mekanisme voting berdasarkan hak suara yang dimiliki peserta undangan yang hadir. Untuk para undangan itu sendiri yang kita undang merupakan perwakilan dari berbagai elemen tokoh pemuda yang ada di Kecamatan itu, harapan kita pada Muscam nanti melalui mekanisme musyawarah mufakat saja,” terangnya.

Ia mengajak para pemuda maupun pemudi di Bangka Tengah yang berminat menjadi Pimpinan Kecamatan (PK) KNPI untuk mendaftar kepada pihak panitia Muscam.

“Kita buka seluas-luasnya bagi pemuda yang berminat yang ada di Bateng untuk menjadi Pimpinan Kecamatan KNPI. Silahkan nanti hubungi ketua panitia saudara Eka Putra atau bisa juga menghubungi ketua PK diKecamatan masing-masing. Kita berharap dengan terpilihnya Pimpinan Kecamatan yang baru bisa membawa peran aktif pemuda dan konsisten dalam membangun peran kepemudaan kedepan,” tukasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU