Donor Darah di RSUD Hanya Terkumpul 3 Kantong

  • Whatsapp
Salah seorang calon pendonor darah saat diperiksa tensi oleh staf RSUD Depati Bahrin, Kamis (22/8/2019).(foto: Riski Yuliandri)

SUNGAILIAT- Pemkab Bangka mengajak seluruh pegawainya untuk melakukan donor darah memperingati HUT ke-74 RI yang dimulai 19 hingga 22 Agustus 2019 di RSUD Depati Bahrin. Namun, hingga waktu pelaksanaan berakhir hanya didapat tiga kantong darah saja.

Padahal dalam surat dengan nomor 0031/3897/Dinkes/2019, setiap OPD dan kantor di Pemkab Bangka dapat berpartisipasi dalam kegiatan itu dengan mengirimkan minimal empat orang pendonor baik dari pegawai maupun keluarga pegawai.

Bupati Bangka, Mulkan bahkan diketahui sudah mengajak para pegawainya dengan membuat surat edaran yang ditandatanganinya untuk membantu pihak rumah sakit mencari stok darah.

Staf Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) RSUD Depati Bahrin, Sumaryatun mengatakan sedikitnya ada enam orang yang datang untuk melakukan donor darah namun hanya tiga yang bisa mendonorkan darah.

“Hari pertama itu ada satu orang, terus hari kedua ada dua orang, tetapi yang satu batal dan hari ini (kemarin-red) ada tiga orang itu pun yang dua batal karena tensinya rendah jadi tidak bisa kita ambil darahnya,” ungkap Sumaryatun kepada wartawan, Kamis (22/8/2019).

Dia mengatakan kebutuhan darah di rumah sakit tersebut sangat tinggi, namun pihaknya tidak memiliki stok darah yang cukup karena minimnya pendonor darah.

“Dari catatan kami ini lebih banyak yang perlu darah dari pada pendonornya, bahkan satu pasien saja ada yang perlu sampai 10 kantong darah, sementara dalam empat hari ini kita cuma dapat tiga kantong darah saja,” terangnya.

Menurut Sumaryatun, tingkat kesadaran masyarakat dan OPD untuk mendonorkan darahnya tergolong masih rendah.

“Jadi bagaimana bisa nyetok darah, untuk keperluan sehari saja masih kurang. Mungkin masyarakat masih beranggapan kalau mau donor harus tau orangnya dulu, jadi itulah yang menjadi salah satu faktor pendonor darah ini sangat sedikit,” tambahnya. (mla/10)

Related posts