Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

DKPUS Babel Bina Perpustakaan Desa Rebo, Persiapan Akreditasi

Pustakawan DKPUS Provinsi Babel saat melakukan pembinaan persiapan akreditasi Perpustakaan Bintang Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Selasa (2/3/2021). (foto: ist).
Pustakawan DKPUS Provinsi Babel saat melakukan pembinaan persiapan akreditasi Perpustakaan Bintang Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Selasa (2/3/2021). (foto: ist).

RAKYATPOS.COM, SUNGAILIAT – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), kembali menerjunkan pustakawannya untuk melakukan pembinaan terhadap perpustakaan yang ada di wilayah Babel. 

Pembinaan di awal bulan Maret 2021 tersebut, dilakukan ke Perpustakaan Bintang Desa (Perpusdes) Rebo, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. 

Dalam pembinaan, Runi Alcitra Amalia Pustakawan Madya DKPUS Babel yang memimpin Pembinaan ke Perpusdes Rebo bersama Pustakawan DKPUS Babel lainnya mengecek langsung kondisi Perpusdes Rebo sebagaimana persyaratan yang telah ditentukan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Menurut Runi, ada sejumlah masukan yang disampaikan kepada Pihak Pemerintah Desa Rebo beserta Pengelola Perpusdes Rebo, agar Perpusdes bisa menyandang status akreditasi.

“Pembinaan terhadap Perpusdes Robo kami dilakukan dalam rangka persiapan akreditasi perpusdes tahun 2021. Ini, kami lakukan atas permintaan dari Kepala Desa Rebo beserta jajarannya saat berkunjung ke Kantor DKPUS Babel di Pangkalpinang, akhir tahun 2020 lalu. Mereka ingin ikut dalam penilaian akreditasi Perpusdes,” ujar Runi, Selasa (2/3/2021).

Ia berharap, melalui pembinaan ini, apa yang menjadi kekurangan dari Perpustakaan Bintang Desa Rebo, agar dilengkapi. 

“Perpustakaan Bintang Desa Rebo merupakan salah satu desa penerima manfaat Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Kabupaten Bangka pada tahun 2019. Tahun 2019, Perpusdes Rebo menerima bantuan program dari Perpusnas seperti rak buku, koleksi buku, beberapa komputer, dan printer,” sebut Runi.

Katarina Siena Pengelola Perpudes Rebo Perpusdes Rebo menyebutkan, sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan di Perpusdes Rebo. 

Salah satu kegiatan dimaksud adalah pelibatan masyarakat yang dilakukan bekerjasama dengan ibu-ibu PKK seperti membuat dodol dan abon, kerjasama dengan PAUD untuk kegiatan bimbingan literasi, dan kegiatan membaca untuk anak-anak difabel. 

“Saat ini, Perpustakaan Bintang memiliki sebanyak 1.884 judul buku, atau 3.142 eksplar. Semoga Perpustakaan Bintang bisa lulus akreditasi,” harap Katarina.

Kepala Desa Rebo, Fendi pada kesempatan sama juga mengharapkan, dengan adanya pembinaan dari DKPUS Babel ini, Perpustakaan Bintang Desa Rebo bisa terakreditasi. 

“Banyak kegiatan telah dilaksanakan di Perpusdes Rebo ini. Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Perpustakaan Bintang ini, saya harapkan dapat menjadi salah satu inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan literasi di desa rebo, dan mendekatkan perpustakaan bagi masyarakat,” ungkap Kepala Desa Rebo, Fendi. 

Sebelumnya, Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin mengatakan, DKPUS Babel selalu siap memberikan pendampingan dan pembinaan terhadap Perpustakaan Bintang Desa Rebo untuk bisa meraih status akreditasi.

Begitu pula dengan perpustakaan-perputakaan desa atau sekolah yang ada di Babel, DKPUS Babel, ditegaskan Asyraf selalu sip memberikan pembinaan. 

“Silakan sampaikan permohonan kepada kami jika membutuhkan pendampingan dan pembinaan, kami siap menerjunkan pustakaan kami,” kata Asyraf. (rel).

Diatas Footer
Light Dark