DKPPKB Basel Fokus Tangani Penyakit Tidak Menular

  • Whatsapp

TOBOALI – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) saat ini juga fokus menangani penyakit tidak menular yang merupakan salah satu prioritas nasional.

Kepala DKPPK Basel, Supriyadi mengungkapkan salah satu program prioritas nasional saat ini adalah pengendalian penyakit tidak menular seperti stroke, diabetes dan hipertensi yang saat ini trennya sedang tinggi dan menjadi perhatian.

“Kita tetap melakukan pengendalian penyakit tidak menular karena trennya naik dan menjadi salah satu penyebab kematian. Untuk mengendalikan penyakit tidak menular kami mengoptimalkan pos pembinaan terpadu ke kantor-kantor untuk melakukan pengecekan kesehatan,” kata Supriyadi kepada wartawan, Rabu (26/6/2019).

Dia mengatakan program posbindu ini dilaksanakan dengan menyasar pegawai kantor yang ada di Basel dan dilakukan secara gratis.

“Posbindu ini gratis dan fokus pemeriksaan kesehatannya meliputi pengecekan kadar gula darah, tekanan darah dan asam urat supaya dapat mencegah dan dapat mengatasi penyakit tidak menular ini,” katanya.

Menurut dia, penyebab penyakit tidak menular ini disebabkan banyak faktor, namun biasanya dipicu oleh perilaku hidup tidak sehat. “Banyak faktor penyebab penyakit ini, namun kebanyakan disebabkan gaya hidup yang tidak sehat,” ujarnya.

Untuk mengendalikan penyakit tidak menular, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) DKPPKB Basel mengimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan kesehatan rutin.

“Kami menghimbau agar masyarakat melakukan tiga hal untuk mengendalikan penyakit tidak menular, yakni melakukan pemeriksaan kesehatan, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari dan mengkonsumsi buah buahan serta sayur sayuran,” pungkas Supriyadi.

Di sisi lain, Supriyadi mengungkapkan pihaknya terus mengkampanyekan program Germas, membangunan kesehatan guna meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi seluruh lapisan masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang optimal.

“Kita secara rutin mengkampanyekan program Germas, kita ingin mengajak seluruh masyarakat Bangka Selatan mewujudkan Germas guna mencegah dan mengendalikan penyakit,” pungkasnya. (raw/10)

Related posts