by

DKP Pastikan Stok Pangan Cukup Hingga Idul Fitri

Sajidin: Kita Dapat Data dari Bulog

Sajidin

KOBA – Menjelang Bulan Puasa Ramadhan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Tengah memastikan stok pangan tercukupi hingga hari raya Idul Fitri untuk wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bangka Tengah, Sajidin saat ditemui Rakyat Pos, Rabu (2/5/2018).

“Kalau stok pangan kita Insya Allah tercukupi selama bulan ramadhan hingga hari raya idul fitri. Jadi, tidak perlu resah akan stok pangan kita dan stok itu kita dapat data dari Bulog yang ada di Pangkalpinang,” ujarnya.

Dijelaskannya, seperti pengalaman sebelumnya biasanya ada kenaikan harga untuk sejumlah komoditi di pasar yang ada menjelang bulan ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Untuk mengantisipasi kenaikan harga sejumlah komoditi itu, dalam waktu ada wacana Tim TPID akan bergerak turun kepasar-pasar untuk mengawasi harga di pasar pada tiap-tiap kecamatan yang ada di Bangka Tengah serta memastikan stok pangan kita tercukupi,” ungkapnya.

Ia menerangkan, sebagai monitor harga bahan pangan, pihaknya juga telah membuat website Bangkatengahkab.go.id yang mana dari website tersebut berupa update daftar harga bahan pokok yang diambil dari pasar-pasar kecamatan yang ada di Bangka Tengah.

“Ada 14 komoditas bahan pokok yang bisa dilihat dari website itu antara lain beras premium, telor, gula, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, cabai besar, cabai merah, jagung, ubi jalar, ubi kayu, terigu, bawang merah, dan kedelai. Dan harga itu, kita update setiap dua minggu sekali oleh petugas kita,” paparnya.

Ia menambahkan, berdasarkan pengalaman yang sebelumnya komoditas yang sering mengalami kenaikan menjelang bulan ramadhan yaitu harga cabai dan daging.

“Biasanya yang sering mengalami kenaikan harga ini disaat bulan ramadhan itu harga cabai dan harga daging. Tetapi untuk cabai, Insya Allah untuk di beberapa daerah kita sudah bisa menghasilkan cabai sendiri dari kelompok tani yang ada di Bangka Tengah dan itu sudah berhasil,” tukasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU