DKP Ingin Kembangkan Minat Baca dari Tingkat Dasar

  • Whatsapp

Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD & MI

KOBA – Dinas Kearsipan dan Perpustaan Bangka Tengah, saat ini menggelar lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se- Bangka Tengah.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat di daerah itu baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Lomba selama empat hari ini dilaksanakan di Kawasan Wisata Hutan Mangrove Desa Kurau Kecamatan Koba, Bangka Tengah sejak tanggal 12-15 Maret 2019.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan (DKP) Bangka Tengah, Budi Utama mengungkapkan, dalam kegiatan lomba bercerita tersebut pihaknya sengaja mengambil tema “Dengan lomba bercerita kita cintai alam untuk kelestarian budaya dan cerita daerah”.

Selain itu, lomba juga dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat, makanya kita buat selogan “Membaca dapat Merusak Kebodohanmu”.

“Lomba bercerita ini tentang cerita daerah di Bangka Belitung dengan tim penilai atau juri dari lokal,” ujarnya saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Senin (11/03/2019).

Dikatakannya, dalam lomba bercerita itu pihaknya meminta kepada seluruh SD/MI di Bangka Tengah turut serta berpartisipasi dalam kegiatan bercerita yang akan dibuka Bupati Ibnu Saleh ini.

“Kita ingin mengembangkan minat baca ini mulai dari anak-anak tingkat dasar sekaligus melihat potensi anak-anak bisa menambah pengetahuannya tentang alam dan mengenal wisata karena kegiatan itu digelar di alam terbuka bertempat di Kawasan Wisata Hutan Mangrove Desa Kurau,” terangnya.

Dengan adanya lomba bercerita itu tidak hanya menambah minat baca para anak-anak saja, tetapi dapat meningkatkan keahlian serta potensi para guru dalam menggali potensi siswa.

“Sekali lagi, kita punya slogan “Membaca dapat merusak kebodohanmu”. Dengan slogan ini, kita berharap bisa diterapkan, sehingga membuat masyarakat Bangka Tengah lebih cerdas dan unggul,” tandasnya. (ran/3).

Related posts