DKP Babel Serahkan 128 Kartu KUSUKA di Kabupaten Bangka

  • Whatsapp
Acara penyerahan kartu KUSUKA bagi nelayan, pembudidaya dan pengolah ikan di Kabupaten Bangka, Kamis (20/6/2019). (foto: istimewa/mutya)

SUNGAILIATРDinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Bank Negara Indonesia (BNI) 46 Cabang Babel menyerahkan 128 kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA) kepada sejumlah nelayan, pembudidaya  dan pengolah ikan di Kabupaten Bangka, Kamis (20/6/2019).

Kepala DKP Provinsi Babel, Dasminto dalam kesempatan itu menyebutkan KUSUKA sebagai identitas tunggal pelaku usaha kelautan dan perikanan yang dikeluarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Sangat penting bagi pelaku usaha kelautan dan perikanan untuk memiliki KUSUKA karena berfungsi sebagai identitas profesi pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan juga sekaligus basis data untuk memudahkan perlindungan dan pemberdayaan untuk pelaku usaha perikanan,” jelasnya.

Dasminto juga meminta agar nelayan, pembudidaya, pengolah dan pemasar produk perikanan yang belum terdaftar untuk segera mendaftarkan diri.

“Harapannya seluruh pelaku usaha kelautan dan perikanan yang ada di Babel nantinya akan terdaftar, kami di provinsi siap bersinergi dengan dinas di kabupaten dan juga Bank BNI sebagai mitra untuk mewujudkan hal tersebut, ” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, AVP Produk Konsumer BNI Pusat, Andi Setianto mengatakan selain sebagai kartu yang menyimpan data base pelaku usaha kelautan dan perikanan, KUSUKA juga berfungsi sebagai kartu ATM/debit untuk transaksi di jaringan ATM BNI dan merchant 46.

“BNI juga memberikan sejumlah kemudahan bagi pemilik kartu KUSUKA diantaranya biaya kartu perdana gratis dan tidak dikenakan biaya administrasi bulanan,” terang Andi seraya mengatakan pihaknya terus melakukan pemetaan data sesuai data yang diberikan KKP dan melakukan validasi NIK secara bertahap.(mutya/dkpbabel)

Related posts