Ditlantas Polda Terima 25.000 Material SIM

No comment 127 views

PANGKALPINANG – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menerima sebanyak 25.000 unit material surat izin mengemudi (SIM) dari Korlantas Mabes Polri, Senin (9/10/2017).

“Lusa kemarin (Senin) baru datang 25.000 unit material SIM. Ini lagi baru kita susun, kita rekap kekurangannya dan kita mau cepat mendistribusikannya biar masyarakat cepat mendapatkan SIM,” ungkap Kasubdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Ditlantas Polda Babel AKBP Norul Hidayat mewakili Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) AKBP Dwi Asmoro ditemui Rakyat Pos, Rabu (11/10/2017).

Meski masih kekurangan material SIM, ia menuturkan, pihaknya masih berupaya untuk mengantisipasi peralatan yang digunakan dalam operasional penerbitan dan mencetak SIM.

“Ini lagi anggota kita turun ke wilayah untuk mengecek peralatan, jangan sampai tinta printernya habis dan printernya macet dan rusak. Kalau kemarin yang kita hitung kekurangannya sekitar 8.000-an. Kekurangan material SIM ini secara keseluruhan Bangka Belitung,” imbuhnya.

Diakui Norul, hingga kini pihaknya belum ada kendala dalam pendistribusian maupun mencetak SIM. “Daerah kita kan dekat semua, sarana transportasi juga ada. Tidak seperti daerah lain pengiriman logistik juga susah. daerah kita yang paling ujung saja paling lama empat jam,” bebernya.

Menurutnya, surat keterangan pengganti SIM yang diberikan sementara kepada masyarakat hanya berlaku hingga material SIM sudah datang. “Surat keterangan pengganti SIM ini berlaku sampai kita hubungi saja. Tetapi kalau surat keterangan ini rusak kena hujan akan kita ganti,” ujarnya.

Kebutuhan SIM Tinggi

Lebih lanjut Norul mengungkapkan, kebutuhan masyarakat untuk memperoleh SIM sangat tinggi sekali, mencapai 50.000 unit pertahun dan material SIM ini didistribusikan dari Korlantas setiap tahun.

“Untuk permintaan material SIM, Polres Pangkalpinang paling banyak sekitar 5000 unit karena kepadatan penduduknya dan juga kendaraan lebih banyak. Material SIM ini sebagian sudah ada yang mengambil, seperti Sungailiat dan Insha Allah paling lama minggu depan sudah mulai bisa diproses,” harapnya.

Untuk itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mentaati peraturan serta tertib berlalu lintas ketika di jalan raya. “Kita harapkan masyarakat untuk lebih tertib berlalu lintas, tidak hanya tertib administrasi saja tetapi juga tertib kendaraannya,” ujarnya.(bis/10)

No Response

Leave a reply "Ditlantas Polda Terima 25.000 Material SIM"