by

Disperkimhub Bangka Tengah Awasi Muatan Kapal

KOBA – Sepuluh hari menjelang hari raya idul Fitri 1440 H, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Bangka Tengah akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap aktivitas bongkar muat barang dan orang di Pelabuhan Sungai Selan.

Hal itu dilakukan Disperkimhub Bangka Tengah bertujuan mengantisipasi kelebihan muatan atau over kapasitas kepada kapal-kapal yang akan berlayar sesuai dengan kapasitasnya.

“Kami lakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap muatan barang dan orang di Pelabuhan Sungai Selan, jangan sampai terjadi kelebihan muatan yang berisiko kecelakaan saat diperjalanan,” kata Kabid Perhubungan Diperkimhub Bangka Tengah, Fani Hendra Saputra kepada wartawan, Senin (13/05/2019).

Dikatakannya, selain muatan barang dan penumpang yang dibawa yang diperiksa, kapal penyeberangan di Pelabuhan Sungai Selan juga harus sesuai standar operasi pelayaran.

“Maka kami lakukan pemeriksaan, jika melebihi muatan tentu dilarang berlayar karena risikonya sangat tinggi,” ungkapnya.

Ia tidak menampik bila barang dan penumpang yang diangkut kapal penyeberangan di Pelabuhan Sungai Selan akan melebihi muatan apalagi menjelang Lebaran Idul Fitri.

“Pemeriksaan ini kami lakukan mengambil momentum ramadhan dan Idul Fitri, karena lalu lintas barang dan orang sangat tinggi sehingga berisiko tinggi pula,” ungkapnya.

Fani mengimbau kepada para nakhoda kapal untuk memenuhi standar operasi pelayaran dalam berlayar serta lebih mengutamakan keselamatan.

“Yang terpenting nakhoda harus mengutamakan keselamatan dalam berlayar begitu pun alat keselamatan juga harus tersedia lengkap di dalam kapal karena itu juga bagian dari standar prosedur pelayanan,” tukasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU