by

Disperindagkop Awasi Harga Pupuk Bersubsidi

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) akan melakukan pengawasan terhadap Harga Eceran Tertinggi (HET) pupuk bersubsidi di daerah tersebut.

Menurut Kepala Disprindagkop, Useng Komara HET pupuk bersubsidi saat ini diawasi untuk mengantisipasi terjadinya permainan harga.

“Kegiatan pengawasan maupun monitoring terhadap HET pupuk subsidi akan terus kami lakukan dalam rangka mengantisipasi terjadinya permainan harga pupuk subsidi dilapangan. Jangan sampai hal itu terjadi di daerah kita,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (07/02/2017).

Dikatakannya, teknis pengawasan dari pihaknya akan menurunkan tim khusus dalam kegiatan monitoring terhadap kondisi harga pupuk yang bersubsidi di tingkat distributor dan pengecer.

“Sampai saat ini, kami pun belum menemukan adanya penjualan pupuk subsidi di atas HET. Kondisi ini, tidak boleh terjadi lantaran melanggar aturan, dan akan berhadapan dengan masalah hukum,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kendati tidak menemukan adanya kejadian menjual pupuk diatas HET, namun pihaknya terus berkoordinasi dengan para distributor dan pengecer untuk memantau kondisi harga sekaligus pendistribusian pupuk kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani.

“Selain itu, kami juga meminta laporan kondisi terkait ketersediaan pupuk subsidi dan pendistribusian kepada para petani di daerah. Jika ada, laporan ini kami minta langsung disampaikan kepada para distributor,” tuturnya.

Ia mengharapkan kepada distributor supaya menyalurkan pupuk bersubsidi sesuai kebutuhan para petani di daerah Bangka Tengah.

“Kalau kebutuhan pupuk kurang dari permintaan, maka diharapkan pembagiannya kepada para petani supaya lebih proforsional untuk menghindari terjadinya kecemburuan sosial sesama kelompok tani,” tukasnya.(ran/3).

Comment

BERITA TERBARU