Disperindag Bateng Awasi Alat Ukur SPBU

  • Whatsapp

Lakukan Tera Setiap Enam Bulan

KOBA – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) akan mengawasi alat ukur bahan bakar minyak di Satuan Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

“Tera ulang setiap enam bulan terhadap alat ukur BBM di SPBU dilakukan. Kita memastikan tingkat akurasinya,” ujar Kepala Disperindagkop dan UMKM, Useng Komara kemarin.

Ia mengatakan, tera ulang terhadap alat ukur pengisian BBM di SPBU itu bagian dari perlindungan konsumen, agar mereka benar-benar percaya dan tidak merasa dirugikan.
“Tera ulang terhadap alat ukur pengisian BBM itu menjadi kewenangan Pemprov Babel, namun sekarang kewenangan itu diserahkan ke daerah,” tegasnya.

Diungkapkannya, Disprindagkop memiliki tim khusus untuk melakukan pengecekan atau tera terhadap alat ukur pengisian BBM itu yang bekerja sama dengan laboratorium Kota Pangkalpinang.

“Laboratorium hanya ada di Kota Pangkalpinang, Bangka Tengah belum punya alat itu. Maka hasil teranya kami serahkan ke petugas labor Pangkalpinang,” terangnya.

Ia menambahkan, tertib alat ukur di SPBU merupakan bagian dari persyaratan penting dan termasuk juga proses tera adalah syarat bagi pihak Pertamina untuk mengirimkan pasokan BBM ke SPBU.

“Tanpa adanya dokumen tera, maka pihak Pertamina tidak akan memasok BBN ke SPBU, maka kami lakukan tera setiap enam bulan,” tukasnya. (ran/3).

Related posts