Disperindag Babel Gelar Operasi Pasar Murah di Desa Malik Basel

  • Whatsapp
Masyarakat Malik antusias menyambut Pasar Murah yang digelar Disperindag Babel.(foto: ist/mislam).

RAKYATPOS.COM,PAYUNG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel, kembali mengelar operasi pasar murah di Desa Malik Kecamatan Payung.

Kegiatan pada Kamis (17/9/2020) tersebut, dipusatkan di Halaman Balai Desa Malik, Kecamatan  Payung, Kabupaten Bangka Selatan, Babel.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel, Sunardi mengatakan, Operasi Pasar yang dilaksanakan  merupakan permintaan dari Pemerintah Desa Malik Kecamatan Payung.

Menurutnya, Kepala Desa Malik melayangkan surat bernomor 140/2020 ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Babel, tertanggal 3 September 2020. Dengan alasan terkena dampak pademi Covid-19, sehingga mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap sembako.

Baca Lainnya

“Kita ada program tersebut. Kepala Desa Malik meminta untuk diadakan operasi pasar di wilayahnya, dengan mengirim surat ke Disperindag Babel,” tegasnya.

Mengenai mekanisme protokol kesehatan, itu semua diserahkan ke aparatur dan masyarakat digelarnya operasi pasar desa setempat.

Kasi Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Disperindag Babel, Mardian menambahkan, kegiatan Pelaksanaan Pasar Murah yang dilakukan di halaman Balai Desa Malik, hanya untuk masyarakat sekitar lokasi operasi pasar.

Tujuan dari operasi pasar ini, dijelaskannya, tidak lain untuk membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19, dan membantu perekonomian masyarakat yang kurang mampu dalam membeli sembako.

Program operasi pasar yang dilakukan Disperindag Babel, lanjut dia, bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Bangka Selatan,  Satgas Pangan Bangka Selatan, Polsek Payung, unsur Desa Malik serta unsur pemerintahan lainnya.

Untuk pelaku usaha yang berpartisipasi dalam kegiatan Pasar Murah ini, disebutkannya berjumlah tujuh distributor, yaitu: Perum Bulog Sub. Drive Bangka; PT. Indofood; PT. Prima Food; CV. Rantai Mas Abadi; CV. Menara Nusantar; UKM Kuliner Pelangi dan H. Awi.

Daftar dan jumlah penjualan dalam operasi pasar tersebut kata dia, adalah  dari Perum Bulog Sub. Drive Pangkalpinang, antara lain Gula, Beras, Minyak, Terigu dan  Sagu. Sementara itu, PT. Indofood Cabang Bangka, dengan rincian Pop mie, Bumbu Racik, Kecap, dan Supermi.

Prima Food sendiri ada beberapa bahan yang di jualnya, yaitu Frozen Food. CV Rantai Mas Abadi yaitu Beras, dan UKM Kuliner Pelangi menjual kue dan kerajinan. Sementara H. Awi sendiri menjual Cabe, Bawang Merah, Bawang Putih, Kentang dan Tomat.

Kades Desa Malik Wendi mengaku senang karena Operasi Pasar yang digelar Pemprov Babel di sambut antusias warga. Wendi mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Babel dan Kapolsek Payung serta para Distributor yang telah membantu kegiatan Operasi Pasar ini.

Dirinya juga menaruh harapan kegiatan seperti ini, dapat terus dilakukan diwilayahnya, mengingat masyarakat sangat membutuhkan sembako murah di tengah mewabah covid-19. (rel/mislam).

Related posts