by

Dishub Beltim Pasang Polisi Tidur

Amirudin

MANGGAR – Dalam upaya peningkatan keselamatan berlalu lintas, Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Timur (Beltim) memasang Pita Gaduh atau sebutan Polisi Tidur di tempat-tempat rawan.

Seperti diterangkan oleh Plt. Kepala Dishub Beltim Amirudin, kepada RAKYAT POS, Selasa (24/4/2018), Pita Penggaduh dipasang di beberapa titik. “Memang, kegiatan tahun ini hanya ada beberapa meter, terbagi nanti tergantung ruas jalannya itu,” terang Amirudin.

Kurang lebih ada sekitar 35 ruas yang dipasang. “Awal pertama sebenarnya proyek ini adalah perkantoran, tetapi ada daerah-daerah yang memang sangat urgen yang membutuhkan kita pasang,” pungkasnya.

Kata Amir, pihaknya akan melihat ruas jalannya. Kalau jalannya itu jalan Kabupaten mungkin bisa masuk situ, tapi Kalau jalan provinsi tetap disinergikan dengan teman-teman di provinsi, termasuk juga jalan nasional.

Selain itu, dijelaskan Amir, ada beberapa titik yang harus dipasang, karena pada saat rakor di provinsi pihaknya dengan teman-teman Dirjen Perhubungan Darat, pihaknya mengakomodir dalam anggaran mereka agar setiap fasilitas umum baik itu Sekolah, TPA, Puskesmas, Kantor Desa, direkomendasikan untuk pasang minimal Zebra Cross.

Diketahui, Pita Penggaduh adalah halang rintang di lintasan jalan dalam posisi menghadang jalan, terbuat dari bahan ruber (karet) setebal 3 hingga 5 cm bertujuan mengurangi kecepatan bagi pengendara, biasa disebut masyarakat “Polisi Tidur”.

Sudah dilakukan koordinasi pemasangan. “Komplek perkantoran sudah terpasang, akhirnya banyak masyarakat butuh. Padahal selama ini kelihatannya tidak ada usulan dari Musrenbang segala macam,” tuturnya.

Amir berharap, pemasangan Polisi Tidur tersebut paling tidak meminimalisir angka kecelakaan, kemudian juga ketersediaannya marka-marka yang memang daerah-daerah yang rawan. Minimal untuk keselamatan masyarakat berlalulintas. (dny/3)

Comment

BERITA TERBARU