Dishub Babel Wacanakan Pembelian Tiket Kapal Online

  • Whatsapp

PANGKALPINANG- Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov Bangka Belitung (Babel), sudah melakukan evaluasi terhadap arus mudik dan arus balik lebaran Idulfitri 1440 Hijriah.

Kepala Dishub Babel, KA Tajuddin, mengatakan pihaknya sudah melihat kondisi arus mudik dan arus balik yang cukup membludak dan membuat antrean panjang di Pelabuhan Tanjung Kalian.

“Untuk arus balik terutama di penyeberangan Tanjung Kalian dan Tanjung Api-api. Yang kita evaluasi menyangkut antrean, karena kemarin cukup panjang, ada wacana untuk membuka atau membuat infrastruktur tiket online,” kata Tajuddin, Kamis (13/6/2019).

Agar tidak terjadi antrean panjang, dia mewacanakan agar untuk pembelian tiket kapal bisa melalui online, sehingga calon penumpang bisa menentukan jam berapa akan menaiki kapal dan tidak harus antre dari pagi.

“Supaya tidak antre lagi sehingga si pengguna jasa akan mudah, akan pilih mau naik kapal jam berapa, jadi beli tiket online, maka tidak harus antre dari pagi. Kapasitas kapal kan sudah tau, barangkali dengan sistem tiket online antrean panjang tak terjadi,” katanya.

Wacana tersebut, lanjut Tajuddin, sudah didiskusikan dengan pihak terkait, namun akan kembali dibahas dengan menggelar rapat bersama dalam waktu dekat. “Akan kita bicarakan dengan operator kapal dan pengelola pelabuhan, mudah-mudahan wacana ini bisa diterapkan,” imbuhnya.

Selain itu, dia mengatakan ada upaya pemerintah untuk menambah kapasitas dermaga baik di Tanjung Kalian maupun Tanjung Api-api. Untuk di Tanjung Kalian, pihak ASDP sudah siap membangun dermaga tambahan.

“Mereka juga sudah merencanakan penambahan dermaga, sudah ada lokasi tinggal pembicaraan lebih lanjut dengan BPTD wilayah VII Sumsel Babel, mudah-mudahan tahun depan sudah ada,” ulasnya.

Selain itu, Tajuddin menambahkan ada masukan dari pihak ASDP yang berencana memperluas wilayah parkir, sehingga antrean panjang yang terjadi tidak akan terjadi lagi.

Selain evaluasi di Pelabuhan Tanjung Kalian, Dishub Babel turut mengevaluasi arus mudik dan balik di Pelabuhan Pangkalbalam. Karena gerbang masuknya mudik juga terjadi di pelabuhan yang berada di Kota Pangkalpinang tersebut.

“Kedepan, untuk memperlancar transportasi pemudik, apabila air surut, kapal kan tidak bisa merapat, maka penumpang akan diangkut menggunakan kapal kecil ke dermaga, kapal transit ini mengangkut sekitar 200 penumpang, khusus penumpang saja, barang tetap menunggu kapal masuk ke dermaga,” jelasnya.

Dia melihat, arus mudik lebaran kali ini, terbilang cukup lancar dan kecelakaan juga dapat diminimalisir. Namun kedepan, Tajuddin berharap arus mudik dan arus balik ini dapat berjalan lebih lancar. (nov/10)

Related posts