Disdik Perpanjang Masa Pendaftaran Beasiswa Utusan Daerah

  • Whatsapp
Calon pendaftar Beasiswa Utusan Daerah saat mengumpulkan persyarakatan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur.(foto: istimewa).

MANGGAR – Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur memperpanjang masa pendaftaran Beasiswa Utusan Daerah (BUD), hingga Selasa, 18 Juni 2019 mendatang. Perpanjangan ini dilakukan lantaran masih banyak calon pendaftar yang belum mengetahui ada program beasiswa permanen bagi keluarga kurang mampu tersebut.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BUD, Alvian mengungkapkan, hingga Jum’at (14/6/2019) jumlah pendaftar sudah mencapai kurang lebih 44 orang. 27 orang mendaftar untuk masuk di Institur Pertanian Bogor (IPB), 10 orang di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung, dan 7 orang di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta.

“Kenapa program ini kita perpanjang, karena melihat dari animo masyarakat yang cukup tinggi. Banyak yang mengaku baru tahu adanya program beasiswa ini, makanya kita tambah waktunya sampai Selasa ini,” ungkap Alvian.

Kepala Bidang Pembinaan SD di Dinas Pendidikan tersebut berharap dengan diperpanjang masa waktu pendaftaran akan semakin banyak pendaftar yang ikut. Mengingat Program yang baru berjalan tahun 2019 ini memberikan kesempatan bagi keluarga yang kurang mampu untuk mengenyam bangku kuliah.

“Untuk kuotanya 4 di IPB, 5 di STP NHI dan 4 di STPN. Kalau target jumlah pendaftar tidak ada, kita berharap sebanyak-banyaknya,” kata Alvian.

Diakui Alvian, beberapa pendaftar BUD terkendala pada Persyaratan Khusus untuk tiap-tiap perguruan tinggi. Ia mencontohkan untuk masuk di STPN, pendaftar wajib berasal dari SMA Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan SMK Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dengan nilai minimal rata-rata Ujian Nasional untuk mata pelajaran MIPA adalah 75.

“Terus juga untuk STP NHI, walau untuk seluruh jurusan SMA dan SMK sederajat namun ada syarat tinggi dan berat badan ideal serta kemapuan berbahasa Inggris. Semua syarat itu dari mereka lah yang tentukan,” jelas Alvian.

Sangat Terbantu Adanya BUD

Salah seorang pendaftar BUD, Fina Kurniati (17) mengaku sangat terbantu dengan adanya program beasiswa permanen bagi keluarga kurang mampu. Hal ini lantaran seluruh biaya kuliah mulai dari pendaftaran, SPP hingga biaya asrama semuanya ditanggung oleh Pemkab Beltim selama 8 hingga 10 semester.

“Sangat terbantulah pak, khususnya bagi keluarga kurang mampu apalagi seluruh biaya kuliah ditanggung,” ucap Fina.

Alumni SMA Negeri 1 Manggar tahun 2019 itu berharap bisa lulus dalam seleksi dan memperoleh beasiswa. Mengingat jika hanya mengandalkan kemampuan ekonomi keluarga, diakuinya sulit untuk membiayai kuliahnya sampai lulus.

“Kan bapak sudah tidak ada, hanya mengandalkan ibu yang buka warung. Makanya benar-benar berharap dapat lulus seleksi dan memperoleh beasiswa ini,” harap Fina.

Finalis Bujang Dayang Beltim 2018 itu menyatakan sudah mendaftar untuk BUD di IPB. Jika lulus, Fina akan mengambil jurusan teknik Pertanian di IPB. (yan/kmf/3)

Related posts