Belitong

Disbudpar Babel Pantau Destinasi Wisata Pantai Burung Mandi

Pegawai Dusbudpar Babel foto bersama di Destinasi Wisata Pantai Burung Mandi, Beltim.(foto: ist/yandi).

RAKYATPOS.COM, MANGGAR – Guna menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah, sangat penting untuk menciptakan kondisi sapta pesona pariwisata, yang terdiri dari tujuh unsur, yaitu, aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan.

Ketujuh unsur tersebut, harus dapat diciptakan agar dapat menciptakan suasana indah dan mempesona, khususnya di destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan domestik atau wisatawan mancanegara.

Selain sapta pesona pariwisata itu, perlu juga didukung Sumber Daya Manusia (SDM) sektor pariwisata yang berkualitas, salah satunya petugas pariwisata yang mempunyai kewajiban memberi petunjuk dan informasi yang diperlukan wisatawan (pramuwisata) yang ada di suatu daerah, dan telah memprioritas pembangunan di sektor ini (Pariwisata-red).

Untuk itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Tim Monitoring Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Pengembangan Pariwisata (BPP) wilayah Pulau Belitung melaksanakan kegiatan monitoring ke sejumlah Destinasi wisata unggulan yang dimiliki Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Babel, Selasa (29/9/2020).

Di Beltim tersebut, Tim Monitoring UPTD BPP Wilayah Belitung Disbudpar Babel dikoordinir Plt Kepala Disbudpar Babel, Darlan melalui Kepala UPTD BPP Wilayah Belitung, Haryadi didampingi jajarannya memantau langsung destinasi wisata Pantai Burung Mandi yang terletak di Desa Burung Mandi Kecamatan Damar,  dan destinasi wisata Water Boom di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Kepala UPTD BPP Wilayah Belitung, Haryadi mengatakan, kegiatan monitoring ini, sudah terjadwalkan, yaitu tanggal 29 september 2020 sampai dengan tanggal 30 oktober 2020, meliputi dua kabupaten di Pulau Belitung, yakni Kabupaten Belitung Timur dan Kabupaten Belitung.

Dikatakan Haryadi, kegiatan ini, disamping monitoring ke sejumlah potensi Daya Tarik Wisata (DTW) di Pulau Belitung, sekaligus mensosialisasikan Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 67 Tahun 2017 Tentang Pembinaan dan Pengawasan Pramuwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya pramuwisata di Pulau Belitung.

Lanjut dia, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengecek dan memantau kesiapan setiap destinasi dan penerapan protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan bagi setiap destinasi yang ada di dua kabupaten ini.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

ads






To Top