by

Dirjen Belum Putuskan Relokasi Pelabuhan ASDP Manggar

-Belitong-499 views
Direktur Sarana Prasarana Ditjen Perhubungan Darat, Yuyun Endah Wahyu Ningrum, Kasubdit Teknologi Sarana Angkutan Umum Kementerian Perhubungan, Nurhadi Unggul Wibowo, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah VII Tipe A Palembang Sumsel dan Babel, serta Bupati Beltim, Yuslih Ihza meninjau Pelabuhan ASDP Manggar yang direncanakan direlokasi, Senin (12/3/2018).(foto: dny).

Direktur Sarpras Tinjau Tempat Relokasi

MANGGAR – Rencana Pembangunan Pelabuhan ASDP di Serdang Desa Baru Kecamatan Manggar, Belitung Timur (Beltim) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sampai saat masih belum ada keputusan dari Kementerian terkait.

Namun, Direktur Sarana Prasarana (Sarpras) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat, Yuyun Andah Wahyuningrum beserta rombongan, Senin (12/3/2018) kemarin, melakukan peninjauan secara langsung tempat relokasi pelabuhan di Pantai Serdang yang direncanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim dari areal Pelabuhan ASDP lama ke lahan yang baru di Pantai Serdang Manggar.

Bupati Beltim, Yuslih Ihza menjelaskan, pemindahan pelabuhan tersebut sudah sesuai dengan pertimbangan Pemerintah Kabupaten Beltim.

“Inikan salah satu tempat yang ditawarkan. Sebenarnya ada yang lain juga, tapi pertimbangannya jauh. Jadi, memilih yang terdekat, tidak terlalu jauh dengan lokasi yang lama,” jelas Yuslih usai melakukan peninjauan bersama Dirjen Perhubungan Darat, senin (12/3/2018).

Sementara itu, Direktur Sarana Prasarana Ditjen Perhubungan Darat, Yuyun Andah Wahyuningrum menjelaskan, kegiatan peninjauan tersebut bertujuan mengoptimalkan APBN yang telah tertuang di Dermaga Pelabuhan Manggar sebelumnya.

“Tujuannya koordinasi, karena ada keinginan Pemda untuk mengoptimalkan APBN yang sudah kita tanam dipembangunan dermaga Manggar. Kehadiran kita kesini untuk mamastikan kondisi yang ada di Manggar seperti apa,” tutur Direktur Sarana Prasarana Dirjen Perhubungan Darat, Yuyun Andah Wahyuningrum kepada RAKYAT POS, Senin (12/3/2018).

Kemudian kalau toh harus rela relokasi, lanjut Wahyuningrum, harus ada dasar teknisnya. “Tidak hanya saya pengen disini. Dan kita sudah dengar tadi, Pemda sudah menganggarkan untuk pelaksanaan teknisnya. Karena lazimnya pembangunan pelabuhan itu harus ada perencanaan teknis, kajian teknis, dan sebagainya,” pungkasnya.

Wahyuningrum juga menyebutkan, saat ini Dirjen Perhubungan Darat belum memberikan keputusan dari Rencana relokasi Pelabuhan Manggar.

“Kami harus mendampingi jangan sampai perencanaan itu ternyata tidak bisa diterapkan. Saya tidak bisa memutuskan sekarang, itukan harus ada kajian teknis, tidak hanya speakly (bicara-red),” tukasnya.

Selain dihadiri oleh Direktur Sarana Prasarana Ditjen Perhubungan Darat, Yuyun Endah wahyu Ningrum, peninjauan Rencana Pelabuhan juga dihadiri oleh Kasubdit Teknologi Sarana Angkutan Umum Kementerian Perhubungan, Nurhadi Unggul Wibowo, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah VII Tipe A Sumsel dan Babel Kemenhub Mangasi Sinaga, dan rombongan lainnya serta Bupati Beltim, Yuslih Ihza yang didampingi langaung oleh Plt. Kadishub Beltim Amirudin. (dny/3).

Comment

BERITA TERBARU