Direkom DPP, Haji Sukirman “Diatas Angin”

  • Whatsapp

NasDem Buru Koalisi ke Golkar, PAN dan PBB
Dafitri: Elektabilitas Pak Haji Sangat Tinggi

MENTOK – Mantan Wakil Bupati Bangka Barat periode 2010-2015 yang kini menjabat anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Haji Sukirman diprediksi menjadi calon kuat bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bangka Barat 2020.
Selain karena banyak golongan masyarakat mendesak dan mengusung agar Pak Haji ini mencalonkan diri, Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasional Demokrat (DPP NasDem) pun telah merekomendasikan kadernya ini untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Bangka Barat. Boleh dikata saat ini nama Sukirman memang tengah diatas angin.

Melihat dukungan yang sudah sangat luar biasa terhadap Sukirman, otomatis Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Bangka Barat pun langsung tancap gas, melakukan konsolidasi dengan partai-partai politik untuk membangun koalisi.
NasDem menargetkan Sukirman terpilih menjadi bupati. Karena itu, Ketua maupun Sekretaris NasDem Bangka Barat menyebutkan, bahwasanya untuk memenangkan kontestasi pilkada 2020 di Bangka Barat, partai besutan Surya Paloh ini membuka diri seluas-luasnya kepada partai politik lain guna membentuk koalisi.

Dan pada Selasa (7/7/2020), Ketua DPD NasDem kabupaten dan beberapa pengurus telah melakukan silahturahmi politik sekaligus konsolidasi dengan tiga partai sekaligus, yaitu Golongan Karya (Golkar), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).
Pertemuan pertama dilakukan antara NasDem dan Ketua DPD PAN Bangka Barat, Dafitri berikut Sekretaris Adi Sucipto di Rumah Kebun. Pertemuan antara kedua pengurus partai ini berlangsung dengan suasana santai namun menghasilkan kesepakatan untuk menentukan arah perubahan di Bangka Barat ke depan.

Baca Lainnya

“Seperti yang kita ketahui, pertemuan kami DPD NasDem dengan Ketua dan Sekretaris PAN tadi, berlangsung santai tapi serius. Dan allhamdulillah, pertemuan ini pun mendapatkan hasil memuaskan bagi kami, karena antara NasDem dan PAN sudah menemukan kesepakatan, dan untuk ikut bersama NasDem memenangkan pilkada 2020,” ungkap Mansah, Ketua DPD NasDem Bangka Barat.
Menurut Mansah, ketertarikan PAN bergabung bersama NasDem, dikarenakan NasDem mengusung H Sukirman untuk maju sebagai Bupati Bangka Barat. Dan diakuinya, sejak awal animo masyarakat sangat besar menginginkan Haji Sukir sapaan Sukirman untuk maju sebagai Bupati Bangka Barat periode 2020-2025.

“Sebuah rasionalitas yang disampaikan Ketua PAN untuk ikut bergabung bersama NasDem. Yaitu, DPW dan DPP NasDem sudah merekomendasikan H Sukir maju sebagai bupati. Artinya, kawan-kawan PAN jeli melihat dinamika politik akhir-akhir ini yang terjadi di Bangka Barat, animo masyarakat sangat tinggi menginginkan Pak Haji (Sukirman-red) untuk maju,” ujar Mansah.
“Dengan begitu, kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada kawan-kawan PAN yang sudah mendengar aspirasi atau keinginan masyarakat,” sambungnya.

Terkait hasil pertemuan NasDem Bangka Barat dengan beberapa parpol, ditegaskan Mansah, bahwasanya akan menjadi catatan penting untuk menjadi laporan pihaknya ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan DPP NasDem.
“Selanjutnya, kami akan segera melaporkan hasil pertemuan ini kepada DPW untuk diteruskan ke DPP. Karena kapasitas memutuskan itu ada di ranah DPW dan DPP. Sedangkan tugas DPD, membuka dan menjalin komunikasi seluas-luasnya dengan parpol lain, untuk menemukan kesamaan visi dan misi membangun Bangka Barat lima tahun kedepan,” pungkas Mansah.
Sementara itu, Ketua DPD PAN Bangka Barat Dafitri mengaku menyambut baik tawaran NasDem untuk berkoalisi.
“Kita sepakati, apabila yang dimajukan adalah H Sukirman, karena elektabilitas Pak Haji saat ini, sangat tinggi. Dan kita melihatnya secara real di lapangan,” ujar Dafitri.

Mengenai pendamping Sukirman, PAN menyampaikan dua opsi kepada NasDem. Namun begitu PAN menyerahkan sepenuhnya ke NasDem untuk diputuskan.
“Mengenai wakil, kami menyerahkan sepenuhnya ke NasDem. Pada prinsipnya PAN mendukung NasDem dan H Sukirman,” tegasnya.
“Memang ada dua nama yang santer untuk menjadi wakil Pak Haji, pertama Safri dari Gerindra dan Bong Ming Ming dari PKS,” sambung mantan wartawan ini.
Dukungan serupa ternyata disampaikan juga oleh Partai Bulan Bintang (PBB) Bangka Barat. Setelah melakukan pertemuan dengan PAN, pengurus NasDem bergeser ke markas PBB Bangka Barat yang beralamat di Jalan Perumnas Muntok.

Kedatangan rombongan NasDem disambut hangat oleh Ketua DPC PBB Bangka Barat Syaiful Fakkah bersama Sekretaris DPC Maman dan beberapa pengurus PBB Bangka Barat lainnya. Sama halnya dengan PAN, pertemuan antara NasDem dan PBB pun berlangsung dengan penuh keakraban.
Pembicaraan antara kedua pengurus partai ini diselingi dengan canda tawa. Begitu juga sebaliknya tampak wajah serius disaat obrolan keduanya membahas untuk membentuk sebuah kesepakatan. Dan Sekretaris DPC PBB Bangka Barat, Yuliman mengungkapkan dalam pilkada 2020, PBB siap bersama NasDem.

“Selagi diminta untuk bersama-sama, kami di DPC ini siap bersama NasDem. Hanya saja, keputusan di DPP,” ujar Yuliman, Rabu (8/7/2020) siang.
Terkait pilkada 2020, DPC PBB Bangka Barat sudah melakukan beberapa tahapan. Mulai dari menerima aspirasi akar rumput, sampai dengan pembahasan di beberapa tingkatan.
“Tahapan sekarang ini pada keputusan, dan itu ranahnya di DPP, namun sampai sekarang pun PBB terus melakukan komunikasi dengan beberapa parpol di Bangka Barat, salah satunya dengan NasDem, ” ungkap Yuliman.

Ditanya apakah PBB akan mengusung kader internal, diplomatis dikatakan Yuliman, prioritas utama PBB memang mengusung kader internal partai.
“Tentunya kader internal menjadi priotas partai. Memang sejak awal, H Syaiful Fakah sudah melakukan komunikasi dengan beberapa bakal calon,” tukasnya. (wan/1)

Related posts