Dipastikan Tahun ini Beltim tak Terima PNS

No comment 401 views

BKD Sudah Ajukan 867 Formasi

Manggar – Tahun 2015 ini, dipastikan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) maupun Pemerintah Pusat tidak akan melakukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Namun, Maret 2016, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) memastikan akan kembali membuka penerimaan CPNS dari kategori umum.

Tidak adanya penerimaan CPNS tahun ini, lebih dikarenakan adanya moratorium dari pemerintah pusat dan lambatnya pangajuan Analisis Jabatan (Anjab)/ Analisis Beban Kerja (ABK) dari pemerintah daerah.

Kepastian ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Beltim, Erna Kunondo, Selasa (29/9/2015). Kabar ini diperolehnya saat mengikuti mengikuti pertemuan antara Kepala BKD dari seluruh daerah di tanah air dengan Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Kendari Sulawesi, Minggu lalu.

“Tahun ini tidak ada, Maret 2016 baru ada rekruitment CPNS. Namun, untuk CPNS di Kabupaten Beltim, kita belum dapat kepastian berapa jumlah formasi disetujui dan apa saja formasinya,” kata Erna.

Ia menyatakan, pada penerimaan Maret 2016 mendatang, prosedur penerimaan CPNS akan berbeda dengan CPNS sebelumnya. Para pelamar selain harus sesuai dengan syarat-syarat administrasi dan lulus tes kompetensi dasar, mereka juga harus lulus tes kompetensi bidang, phisikotes, dan wawancara.

“Tesnya akan berbeda, lebih banyak dari yang dulu. Sesudah tahapan administrasi dan lulus tes kompetensi dasar, pelamar yang lulus, harus dites kembali di kompetensi bidang, phisikotes, dan wawancara. Jadi konsepnya seperti Litsus (penelitian khusus-red), hanya saja ini lebih luas,” jelas Erna.

Menurutnya, tujuan penambahan tes tersebut adalah untuk mengetahui kemampuan dan moralitas si pelamar. “Misalnya pelamar lulus di tes kompetensi dasar dan kompetensi bidang dengan nilai baik. Namun saat bekerja ternyata Ia tidak bisa mengusai praktek dan tidak jujur, nah itu kan masalah. Ini biar kita benar-benar mendapatkan PNS yang berkualitas,” ujarnya.

Mantan Inspektur Kabupaten Beltim ini, tak menampik jika dengan adanya tambahan tes ini otomatis akan menambah anggaran untuk penerimaan CPNS dan membuat formasi kehilangan pelamar.

“Kemarin kami hanya menganggarkan untuk tes kompetensi dasar saja, namun begitu kami dapat info langsung kami sampaikan penambahan anggaran untuk kompetensi bidang, phisikotes dan wawancara. Ini diamanatkan oleh Kemenpan, nanti akan ada suratnya Pemda harus menganggarkan itu,” tegasnya.

Awal tahun 2015 lalu, BKD Beltim sudah mengajukan 867 formasi jabatan untuk penerimaan CPNS di Kabupaten Beltim. Dari jumlah ini diharapkan pemerintah pusat akan menyetujui minimal setengahnya, mengingat kekuatan pegawai di Kabupaten Beltim masih kurang memadai.(day/3).

No Response

Leave a reply "Dipastikan Tahun ini Beltim tak Terima PNS"