Dinsos Kota Rutin Razia Anjal dan Gepeng

No comment 104 views

PANGKALPINANG – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pangkalpinang menyatakan terus menekan ‘populasi’ anak jalanan (anjal), gelandangan dan pengemis (gepeng) di Ibukota Provinsi Bangka Belitung.

Kepala Dinsos Pangkalpinang Fitriansyah mengaku pihaknya berupaya untuk mewujudkan program dan kebijakan pemda, salah satunya menggelar patroli sosial secara rutin untuk mengantisipasi anjal dan gepeng.

“Kami rutin patroli sosial mendukung kebijakan Pemkot Pangkalpinang sebagai kota sejahtera yang bebas dari gepeng, anjal dan bebas dari rumah tidak layak huni,”ujar Fitriansyah, Rabu (12/6/2017).

Menurutnya, kegiatan rutin yang utama patroli sosial dari jajaran struktural dan satuan bakti pekerja sosial (Sakti Peksos) yang dilakukan dua kali dalam sepekan.

“Patroli sosial kita lakukan seminggu 2 kali. Tergantung situasi di lapangan. Tergantung hasil pemantauan dan survei, kalau banyak anjal dan gepeng malam ya di malam hari,”tegasnya.

Selain itu, dikatakan mantan kepala BKD ini, razia dilakukan di jalan-jalan protokol, juga pusat pembelanjaan dan tempat hiburan, karena daerah itu adalah wujud wajah Kota Pangkalpinang.

“Untuk menjamin kenyamanan warga sehari-hari. Kita tidak hanya menangkap tapi juga konseling sosial. Setelah dilakukan penangkapan ditampung di rumah penanganan sosial untuk dilakukan pembinaan dan pengawasan,” jelasnya.

Namun apabila dalam pembinaan dan assessment dibutuhkan rujukan maka pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan kerjsama atau MoU dengan sejumlah panti di luar daerah.

“Kita sudah MoU sehingga merujuk ke panti luar daerah. Selama ini tidak ada hambatan. Hanya saja terbatas dana untuk memulangkan ke daerah asal,”sebutnya.

Dia pun ingin pelayanan ini dapat kita tingkatkan. Kita ingin benahi rumah perlindungan sosial, untuk kasus berat kita rujuk. Yang bisa ditangani ya di rumah perlindungan sosial.

“Belasan orang yang sudah ditangani rumah perlindungan sosial ini dibawah arahan Koordinator Sakti Peksos, Muhardani selama rentang waktu satu tahun terakhir,” ujarnya. (bum/10)

No Response

Leave a reply "Dinsos Kota Rutin Razia Anjal dan Gepeng"