Bangka Tengah

Dinsos Komitmen Tingkatkan SDM Pelaksana PKH

Peserta Bimtek SDM PKH foto bersama.(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, PANGKALAN BARU – Dengan panduan dan dalam tata laksana pencegahan Covid-19 Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tetap berkomitmen dalam setiap upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) pelaksana program keluarga harapan (PKH).

Penguatan sumberdaya merupakan salah satu faktor penentu dalam setiap pengejawantahan program baik yang sifatnya homogen nasional maupun dengan kebijakan Pemerintah daerah yang sifatnya heterogen berdasarkan tipe dan permasalahan yang berbeda. Oleh karena digelar Bimtek Sumber Daya Manusia.

Dalam Bimtek itu, Narasumber Pertama dipresentasikan oleh Plt. Kepala Dinas Sosia Yanuar yang mengulas tentang review Profil Program PKH di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan perkembangan program keluarga harapan dari tahun 2012 sampai 2020.

Selanjutnya hadir narasumber dari Kementrian Sosial RI Ibu Ivo Nilasari selaku Koordinator PKH Regional Wilayah Sumatera. Pada kesempatan itu, Ivo memberikan penjelasan pandangan dasar atau lebih seperti pelajaran das capitalnya bagi Pekerja Sosial, atas fungsi dasar hingga vitalitas dari Pekerja Sosial.

Ivo juga membrainstorm SDM PKH Bangka Belitung dengan beberapa studi kasus yang belum pernah terjadi di Bangka Belitung, dan ini betul-betul memperkaya khasanah SDM PKH.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari di Soll Marina Hotel, Pangkalan Baru, Bangka Tengah terhitung 15 hingga 16 Oktober 2020 itu, diikuti peserta dari 5 Kabupaten/Kota.

Yanuar Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Bangka Belitung dalam sambutannya mengajak SDM PKH, Pendamping PKH, Korkab, Korwil, dan APD (administrator Pangkalan Data) untuk memanfaatkan sebaik mungkin semua informasi dan kebijakan yang ditranformasikan oleh Narasumber.

Berikutnya, kata dia, peserta tidak malu untuk berinteraksi dengan harapan semua permasalahan yang dihadapi di masing-masing wilayah kerja dapat dicari solusinya.

Keluarga Penerima Manfaat yang telah tergraduasi, menurutnya, harus tetap dipantau oleh pendamping social, agar taraf tingkat ekonomi KPM PKH yang tergraduasi tidak mengalami penurunan.

Disisi lain, pendamping sosial harus dapat memberikan alternatif pemecahanan masalah atau mencari cara baru agar KPM PKH dapat terus meningkatkan kualitas ekonominya secara elementer.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top